KPU Buton Utara Ajak Masyarakat Cek Daftar Pemilih Sementara
Keterangan Gambar :

KPU Buton Utara Ajak Masyarakat Cek Daftar Pemilih Sementara

69 views
0

Butur, Radarsultra.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buton Utara (Butur) memasang daftar pemilih sementara (DPS) mulai dari 19-28 September 2020 bernomor 247/PL.02.1-PU/7410/KPU-Kab/IX/2020, dikeluarkan tanggal 19 September 2020, dan selama pemasangan tersebut masyarakat diminta hadir dan mencermatinya. Sebab, peran aktif masyarakat untuk mengecek serta memberitahukan jika tidak masuk daftar pemilih sangat dibutuhkan.

Jika memang ada nama warga yang belum masuk DPS, KPU akan melakukan perbaikan kembali menjadi DPS hasil perbaikan sebelum ditetapkan menjadi pemilih tetap.

Pengumuman dan tanggapan masyarakat, dijadwalkan mulai hari ini, Sabtu 19 sampai dengan 28 September.

Berikut pengumuman  resmi dari KPU Butur, Klik link dibawah ini

Pengumuman DPS Pilkada Buton Utara Tahun 2020

Daftarnya, mulai ditempel di kantor desa dan kelurahan ataupun sekretariat Panitia Pemungutan Suara (PPS), termasuk sejumlah tempat strategis lainnya.

“Diharapkan masyarakat bisa mengecek langsung ke tempat pengumuman DPS dengan menerapkan protokol covid-19,” kata ketua KPU Butur, Hasruddin, mengutip isi pengumuman itu.

Dalam masa tanggapan masyarakat yang sudah terjadwal, pemilih, anggota keluarga atau pihak berkepentingan, dapat mengajukan usul perbaikan mengenai penulisan nama atau identitas lainnya yang tercantum dalam DPS kepada PPS.

Selain itu, juga bisa disampaikan usul perbaikan berkaitan dengan informasi tentang pemilih kepada PPS, meliputi:
1. Pemilih telah memenuhi syarat.
2. Pemilih sudah atau pernah kawin di bawah umur 17 tahun.
3. Pemilih sudah pensiun dari TNI atau Kepolisian dan atau pemilih yang berubah status menjadi anggota TNI atau Kepolisian.
4. Pemilih sudah meninggal dunia.
5. Pemilih tidak berdomisili di desa atau kelurahan.
6. Pemilih terdaftar lebih dari satu kali.
7. Pemilih terdaftar tetapi sudah tidak lagi memenuhi syarat.