Kota Kendari Masuk Kategori Rawan Banjir
Keterangan Gambar :

Kota Kendari Masuk Kategori Rawan Banjir

246 views
0

Kendari-Radarsultra.co.id : Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari, Suhardin mengatakan bahwa hingga saat ini Kota Kendari masih masuk dalam kategori wilayah rawan banjir.

“Memasuki musim penghujan pada Januari ini, Kota Kendari masuk dalam daerah kategori rawan akan banjir,” Kata Suhardin.

“Pasalnya, hal tersebut telah terjadi pertengahan 2013 lalu, dimana hujan selama satu hari menyebabkan beberapa titik di Kota Kendari terendam banjir,” lanjutnya.

Suhardin menegaskan ada beberapa faktor yang mengakibatkan Kota Kendari masuk dalam kategori daerah rawan banjir antara lain buruknya drainase yang dimiliki dan perilaku masyarakat yang tidak dapat membuang sampah pada tempatnya.

“Padahal pemerintah telah berkali-kali mengingatkan untuk membuang sampah jangan di kali, jika berperilaku hidup sehat dan membuang sampah pada tempatnya, tentu saja Kota Kendari akan aman dari bencana banjir,” ujarnya.

Dalam hal ini Pemerintah juga telah berkali-kali mengingatkan kepada seluruh masyarakat yang membangun sebuah bangunan baik itu rumah maupun ruko untuk mengutamakan pembuatan drainase.

“Kalau masalah drainase itu dikembalikan juga kepada masyarakat karena peran pemerintah selama ini sudah cukup, dimana selalu diimbau masalah drainase,” katanya.

Untuk mengatasi masalah banjir tersebut, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah di aliran sungai. Adapun beberapa titik rawan banjir yakni kali wanggu, baruga dan Kendari Barat. (C)

About author