Kominfo Kota Kendari Ikut Webinar IKP yang Diselenggarakan Kementerian Kominfo RI
Keterangan Gambar : Webinar tentang Informasi dan Komunikasi Publik yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI

Kominfo Kota Kendari Ikut Webinar IKP yang Diselenggarakan Kementerian Kominfo RI

12 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Kendari, mengikuti acara webinar persamaan persepsi tentang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) yang di ikuti oleh pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota regional timur, yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) RI, Senin, (26/10/2020).

Kegiatan tersebut dibuka Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo RI ini diselenggarakan untuk menyamakan persepsi tentang kebijakan penyelenggaran urusan IKP pada dinas Kominfo di seluruh Indonesia.

Tim penguatan komunikasi publik Ditjen IKP Kemkominfo Agustinus Eko Raharjo mengatakan, tugas utama dan tantangan berat Kominfo pusat dan daerah adalah bagaimana menyampaikan narasi positif kepada publik dan bagaimana menjawab kebutuhan komunikasi publik.

Kominfo harus melakukan pengelolaan hubungan media meliputi pembuatan siaran pers, konferensi pers, dan kunjungan pers, membangun komunikasi dengan media melalui pertemuan dan kunjungan, serta membuat liputan dan pemantauan terhadap siaran pres dan media,” ucapnya.

Lanjutnya, dalam pembuatan pres rilis, harus memperhatikan kriteria pembuatan siaran pers serta teknis, salah satunya memperhatikan 5W+1H dan Straight News.

Dikutip dari akun resmi pemkot Kendari kendarikota.go.id, Kepala Dinas Kominfo Kota Kendari Drs. Moh Nur Rasak mengatakan, acara webinar yang diselenggarakan oleh Kominfo Pusat sangat baik. Saat ini banyaknya isu nasional dan isu daerah yang berkembang, maka sangat diperlukan pemahaman dan pengetahuan dalam menyamakan persepsi tentang penyelanggaraan informasi dan komunikasi publik yang ada di pusat dan daerah.

Di waktu yang sama Kepala Bidang Infokom Kota Kendari Herry Ashak, dalam acara webinar menjelaskan, penyelenggaran urusan IKP ini merupakan momentum strategis dalam menyikapi banyaknya isu yang sering berkembang saat ini, terutama yang berkaitan dengan Covid-19.

Pemerintah Kota Kendari. Bidang Infokom juga terus membangun komunikasi dengan media lokal untuk bersama membantu menyebarluaskan informasi, tidak hanya tentang penanganan Covid-19, tetapi juga tentang pelaksanaan tugas tugas pemerintahan lainnya,” uacapnya.

Untukmdi ketahui Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Kominfo Bidang Infokom setiap harinya memberikan informasi perkembagan penanganan Covid-19 di Kota Kendari.