Kolaka Jalin Kerja Sama BPPT Kembangkan Kakao
Keterangan Gambar :

Kolaka Jalin Kerja Sama BPPT Kembangkan Kakao

289 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id- Pemkab Kolaka, bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk mengembangkan komoditi kakao di daerah setempat.
Kerjasama rersebut diawali dengan kunjungan Pemerintah Kabupaten Kolaka ke Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Kawasan Pusat Pengkajian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPIPTEK) Serpong, didampingi Anggota DPD RI Dapil Sultra, Wa Ode Hamsinah Bolu.

Waode Hamsinah Bolu yang dihubungi dari Jakarta, Selasa, mengatakan, Rombongan Pemkab Kolaka dipimpin Asisten II, disertai beberapa Kepala Dinas diantaranya Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, beserta jajaran masing-masing dinas.

“Rombongan kami diterima oleh Direktur Pusat Teknologi Produksi Pertanian, Kedeputian Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi BPPT, Ir. Arief Arianto Hidayat, MSc,” katanya.

Dalam kesempatan itu kata Hamsinah, hadir pula Direktur Pusat Teknologi Kawasan Spesifik BPPT, Dr Iwan Sudrajat, Kepala Program Petenakan, Kepala Program Kakao, Kepala Program Perikana BPPT serta para pakar di bidang pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, pengolahan hasil pertanian dan pengembangan technopreunership.

“Tujuan kunjungan adalah untuk mendapatkan informasi terkait teknologi dan inovasi untuk mengembangkan potensi Kab Kolaka serta membangun kerjasama guna mempercepat pembangunan daerah,” katanya.

Kegiatan diakhiri dengan mengunjungi fasilitas laboratorium Pusat Teknologi Produksi Pertanian, Pusat Teknologi Agroindustri, dan Balai Bioteknologi BPPT, baik fasilitas indoor maupun outdoor.

“Tindaklanjut dari pertemuan ini adalah rencana akan diadakannya pertemuan antara Bupati Kolaka dan Kepala BPPT,” katanya.

Disamping itu lanjut Hamsinah, dalam waktu dekat akan dilaksanakan pelatihan peningkatan produksi tanaman kakao dan pengolahan hasil kakao bagi masyarakat di Kolaka atas kerjasama Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Kolaka dan BPPT.(ANT)

About author