Kolaborasi di Bulan Ramadhan, BI – Tripelka Gelar Bakti Sosial Dan Sosialisasi QRIS
Keterangan Gambar :

Kolaborasi di Bulan Ramadhan, BI – Tripelka Gelar Bakti Sosial Dan Sosialisasi QRIS

0

Kendari, Radarsultra.co.id – Di bulan Ramadhan 1442 H ini, Komunitas Kuliner Kendari (Tripelka) bersama Bank Indonesia (BI) menggelar kegiatan Festival Bazaar Kuliner 2021 di halaman parkir Hotel Claro Kendari.

Dalam kegiatan tersebut, selain menggelar buka puasa bersama dan juga berbagi bantuan kepada anak yatim dan Tahfidz Qur’an, Tripelka bersama BI juga turut mensosialisasikan sistem pembayaran digital yaitu Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) melalui transaksi digital secara langsung kepada masyarakat dan tenan kuliner di festival tersebut.

Ketua Tripelka, Muhammad Yusri mengatakan, kegiatan berbagi bersama anak yatim dan tahfidz Qur’an merupakan agenda tahunan dari hasil sumbangan para anggota Tripelka dalam berbagai bentuk bantuan, mulai dari makanan hingga uang tunai dan untuk tahun ini pihaknya turut berkolaborasi dengan BI dalam rangka sosialisasi QRIS kepada masyarakat dan pelaku UMKM.

“Ini juga menandakan pelaku UMKM di Kendari naik kelas, bukan hanya hotel atau restoran atau cafe saja yang bisa transaksi non tunai, tapi teman-teman UMKM juga bisa”, ujarnya saat diwawancarai di lokasi kegiatan, Senin, (03/05/2021).

Ditempat yang sama, Deputi Kepala Perwakilan Bidang Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah Dan Menajemen Inter BI Sultra, Surya Alamsyah menjelaskan, kegiatan ini juga merupakan rangkaian edukasi kepada masyarakat terkait QRIS, yaitu sebuah kanal pembayaran yang diinisiasi oleh BI dengan tujuan untuk mendigitalisasi pembayaran yang dilakukan masyarakat.

“Kegiatannya bukan hanya edukasi namun dengan mengajak konsumen untuk bertransaksi menggunakan QRIS di berbagai tenan yang tersedia sekaligus juga melalui momen Ramadhan ini kita juga berbagi bersama anak yatim yatim dan tahfidz Qur’an”, kata Surya.

Malalui kegiatan ini, konsumen dapat merasakan langsung manfaat transaksi melalui QRIS yang lebih mudah, murah, aman dan cepat.

“Kedepannya bukan hanya UMKM namun bentuk pembayaran lainnya seperti pajak, listrik dan air dapat menggunakan QRIS”, ungkap Surya.