KM Tiga Putri 02 Kandas di Perairan Komponeone, Wakatobi
Keterangan Gambar :

KM Tiga Putri 02 Kandas di Perairan Komponeone, Wakatobi

58 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id. – Kapal penumpang KM Tiga Putri 02 rute Binongko-Baubau kandas di Perairan Komponeone, Wakatobi Jumat pagi sekitar pukul 06.00 Wita.

Tim SAR yang bergerak cepat, berhasil melakukan penyelamatan dengan mengevakuasi 36 penumpang termasuk ABK dan membawa mereka ke Pulau Wanci. Seluruh penumpang dan ABK dilaporkan selamat.

Kepala Kantor SAR Kendari, Amiruddin melalui Humasnya Wahyudi mengatakan penyebab terjadinya musibah tersebut diduga kuat akibat cuaca buruk berupa hujan disertai angin kencang yang terjadi sepanjang hari Jumat di hampir seluruh wilayah Sulawesi Tenggara, termasuk di perairan Wakatobi.

“Kami menduga kapal terseret arus dan kandas di tengah laut yang dangkal,” katanya.

Wahyudi kemudian menceritakan kronologi masuknya laporan musibah di laut itu. SAR pada pukul 06.00 Wita menerima laporan dari nahkoda kapal, Sahlan. Laporan masuk melalui Com Centre Basarnas.

“Comm Centre Basarnas Kendari menerima laporan dari Bapak Sahlan yang merupakan nakhoda kapal bahwa KM Tiga Putri 02 kandas di perairan Kamponeone Wakatobi,” kata Wahyudi.

Lima belas menit setelah menerima laporan, Tim Rescue Pos SAR Wakatobi dengan menggunakan RIB (Rigid Inflatable Boat) diberangkatkan untuk melakukan evakuasi.

pada Pukul 8.30 WITA Tim Rescue berhasil menemukan kapal tersebut dan langsung mengevakuasi seluruh penumpang ke pelabuhan Wanci dalam keadaan selamat, kondisi cuaca pada saat proses evakuasi masih dalam keadaan hujan.

Dengan tibanya para penumpang di pelabuhan Wanci maka operasi SAR terhadap kapal Kandas KM Tiga Putri di perairan Komponeone dinyatakan berhasil dan ditutup.