KM. Berlian Kandas di Pulau Kadatua
Keterangan Gambar :

KM. Berlian Kandas di Pulau Kadatua

480 views
1

Kendari, Radarsultra.co.id – Akibat cuaca yang kurang bersahabat akhir-akhir ini, banyak kapal yang kandas dan tenggelam. Kali ini KM Berlian rute tujuan Wanci-Surabaya kandas di Pulau Kadatua, Kamis (2/2/2017).

Tim Basarnas Kendari pukul 10.00 Wita Kamis (2/2) menerima laporan dari Koordinator Pos (Korpos) SAR Baubau bapak Al Amrad.

Humas Basarnas Kendari Wahyudi memaparkan bahwa penyebab kandasnya kapal tersebut dikarenakan air laut yang terlalu surut pada saat kapal sedang melintas.

“Pada saat kapal melintas air laut dalam keadaan terlalu surut dan itu adalah jalur yang biasa mereka lalui hanya saja pada saat itu air laut terlalu surut,” paparnya, Kamis (2/2/17).

Setelah mendapat laporan, pukul 10.30 Wita Tim Rescue Pos SAR Baubau bersama unsur yang terlibat diantaranya KPLP, KP3 diberangkatkan menuju Tempat Kejadian Musibah (TKM) dengan menggunakan dua unit kapal milik KPLP Bau-bau utuk memberikan bantuan SAR.

Diketahui penumpang/awak dalam kapal tersebut ada 13 orang, pada pukul 11.00 Wita, Tim Rescue bersama unsur tiba di TKM dan langsung mengevakuasi 13 POB tersebut.

Proses evakuasi dilakukan kurang lebih selama satu jam, pada pukul 12.00 Wita Tim Rescue SAR tiba di Baubau bersama 13 orang POB yang berhasil diselamatkan di pelabuhan Murhum dalam keadaan selamat. (C)