Kisah Penemuan Kakek yang Hilang di Hutan Oleh Polisi Satwa (K9) Polda Sultra
Keterangan Gambar : Penemuan Sadi, Kakek Berumur 100 tahun yang hilang dan berhasil oleh tim pencarian Polda Sultra bersama Basarnas dan masyarakat.

Kisah Penemuan Kakek yang Hilang di Hutan Oleh Polisi Satwa (K9) Polda Sultra

512 views
2

Konawe Selatan, Radarsultra.co.id – Kisah Kakek Sadi, pria berumur 100 tahun yang akhirnya berhasil ditemukan oleh Polisi Satwa K9 SQUAD Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) setelah dilaporkan hilang di dalam hutan Desa Lambusa, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sultra.

Ketgam: Tim Unit Satwa K9 SQUAD Polda Sultra melakukan pencarian di dalam hutan.

Bermula dari laporan keluarga terkait hilangnya kakek Sadi, Kasat sabhara menghubungi kami unit K9 SQUAD Polda Sultra bahwa telah terjadi orang hilang yang berada di daerah kawasan Polsek Konda dan kejadian orang hilang sudah terjadi selama tiga hari dan sudah dilakukan pencarian oleh anggota Basarnas namun belum menemukan titik terang.

Kemudian pada hari senin pagi kami diperintahkan melalui Kabagbinops Ditsamapta Polda Sultra untuk membantu dalam pencarian orang hilang tersebut. Kemudian anggota Unit Satwa mempersiapkan Satwa dan peralatan yang akan dipakai dalam pelacakan.

Adapun Satwa yg digunakan sebanyak dua ekor yaitu Satwa Vino dan Lukky (pelacak umum) dan melibatkan enam personil ps. Kanit Satwa, Aipda Yasdin Yohanis. Kemudian setelah tiba di TKP tim Unit Satwa berkoordinasi dengan keluarga korban dan selanjutnya mencari titik tolak dalam pelacakan.

Tim Unit Satwa bergerak dan terbagi menjadi dua regu yang masing-masing regu mencari ditempat yg berbeda, salah satu regu menyusuri sungai dan regu lainnya menyusuri hutan berbukit.

Ketgam: Pencarian oleh Tim Unit Satwa K9 SQUAD Polda Sultra disepanjang sungai.

Dalam proses pencariannya, salah satu regu yang mencari melewati dua sungai dengan anggota Brigadir I Made Sujana dan Bripda Risky Librianto melihat reaksi satwa Vino menunjukan tanda-tanda gelisah setelah di cek ternyata muncul orang tua di balik semak-semak.

Namun anggota Unit Satwa belum bisa memastikan bahwa orang tersebut adalah yang dicari sehingga anggota Unit Datwa memanggil anggota Basarnas dan masyarakat yang berada di belakang tim pencarian Unit Satwa.

Setelah masyarakat sampai bersama Basarnas, anggota Unit Satwa mengatakan bahwa “kami menemukan orang tua tetapi kami tidak tahu apakah beliau yang dimaksud yang hilang.” Setelah dicek oleh pihak keluarga yang ikut dalam pencarian mengatakan bahwa betul itu orang tua yang hilang.

Kemudian anggota basarnas menghubungi anggota untuk membawa kendaraan ketempat tersebut untuk mengangkut korban dikarenakan korban sudah lemas dan tidak kuat lagi untuk berjalan untuk kemudian korban dibawa ke rumah keluarganya.

Ps. Kanit Satwa menyarankan kepada keluarga untuk dicek kesehatan korban oleh tim medis dan pelacakan pun berakhir dengan ditemukannya korban dalam keadaan selamat.

Pihak keluarga dan anggota yg terlibat mengucapkan terima kasih kepada Unit Satwa karena telah berhasil menemukan anggota keluarga mereka.