Ketua KPU : Warga Tetap Bisa Memilih Tanpa C6
Keterangan Gambar :

Ketua KPU : Warga Tetap Bisa Memilih Tanpa C6

137 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id –  Surat panggilan atau formulir C6 KWK bukan menjadi syarat untuk memilih, tetapi itu menjadi pemberitahuan ataupun panggilan untuk menggunakan hak pilihnya di TPS.

“C6 tersebut bukan menjadi syarat mutlak, karena bisa saja pada saat diantar C6 tersebut sedang tidak berada dirumah. Sehingga ini KPPS kami akan memberikan C6 itu. Kemudian bagi warga yang tidak mendapatkan C6 KWK tetapi ada namanya di DPT, tetap akan bisa memilih,” ujar Ketua KPU Kota Kendari, Hayani Imbu saat ditemui di ruangannya, Senin (13/2).

Dikatakan, pemilih yang telah terdaftar di DPT pasti memiliki C6, jikalau mereka tidak mendapatkan C6 tidak masalah. Mereka tetap bisa memilih menggunakan KTP dengan memilih dari  pukul 07.00 Wita sampai dengan pukul 13.00 Wita.

Sementara itu menurut Ketua KPU Sultra, Hidaytullah bagi warga Kota Kendari yang tidak terdaftar di DPT tetapi memiliki KTP Elektronik ataupun Surat Keterangan dari Disdukcapil (Suket), tetap bisa menggunakan hak pilihnya.

“Sesuai prosedurnya melapor ke KPPS  dimana alamat sesuai KTP-nya, kemudian melapor bahwa belum mendapatkan C6. Waktunya masih ada sampai dengan jam 12 malam besok  (14/2), sehingga dapat menggunakan hak pilihnya,” tambah Hidayatullah saat konferensi pers, Senin (13/2).

Kemudian terkait dengan C6 yang tertera membawa KTP ataupun Suket, Hidayatullah menegaskan sesuai edaran KPU no 151 bahwa C6 yang diragukan oleh KPPS maka dibuktikan oleh E – KTP ataupun surat keterengan dan ini berlaku dalam situasi di TPS diragukan terkait dengan pemilih yang menggunakan C6.

‘’Saya himbau pada anggota KPPS agar tidak menyerahkan C6 kepada orang yang bukan pemiliknya, kecuali keluarganya. Misalnya untuk C6 istri dia dan anaknya, tetapi hanya bertemu suaminya maka  itu boleh diberikan ataupun salah satu keluarganya,  dan tidak diberikan kepada tetangganya,’’ papar mantan aktivis HMI ini. (B)

About author