Ketahuan Bocor kan Soal UN, Guru Diancam Dipecat
Keterangan Gambar :

Ketahuan Bocor kan Soal UN, Guru Diancam Dipecat

Editors choice
92 views
0

Wakatobi, Radarsultra.co.Id – Tak ada kompromi bagi guru nakal yang sengaja bocorkan soal atau membantu siswa menyelesaikan soal ujian nasional (UN) hingga diancam bakal dipecat jika ketahuan.

Demikian peringatan keras yang disampaikan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Muhadjir Effendy, saat sidak. Senin(3/4/2017) di Gedung Perhotelan SMKN.1 Wangi-Wangi.

Meski hasil UN tak lagi jadi syarat kelulusan namun kejujuran siswa mengerjakan soal penting diketahui para guru sekaligus menjadi pembelajaran siswa untuk mandiri mengerjakan soal UN tersebut.

“Yah kita pecat kalau berani bocorkan atau ketahuan membantu siswa menyelesaikan soal UN-nya,” tandasnya.

Ia juga menjelaskan distribusi soal UN diawasi secara ketat oleh kepolisian. Dimana soal dalam kondisi tersegel sebelum sampai ke sekolah tujuan.

Setelah sampai ditangan pengawas kondisi material soal masih tersegel dan dibuka ketika waktu ketentuan ujian dimulai, sehingga jika terjadi kebocoran mudah untuk diketahui siapa yang bocor kan.

“Kita berharap jangan ada guru atau pengawas main-main”, tegasnya.

Perlu diketahui dalam sidaknya ke SMK N.1 tersebut ia juga menyertakan pejabat pendamping terkait diantaranya Dirjen Pendidikan Dasar Dan Menengah

Hamid Muhammad, Ph.D. dan Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud, Prof. Nizam serta Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)Prof. Erika Budiarti Laconi. (B)

About author