Kenalkan Cara Penanganan Pertama di Masyarakat, TBM UHO akan Gelar Ischiadicus
Keterangan Gambar :

Kenalkan Cara Penanganan Pertama di Masyarakat, TBM UHO akan Gelar Ischiadicus

85 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Tim Bantuan Medis (TBM) Ischiadicus Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Halu Oleo (UHO), akan gelar Ischiadicus.

Target dari kegiatan tersebut adalah untuk mengenalkan penanganan pertama untuk insiden cedera yang melibatkan tulang dan otot (emergency bone and muscle injury).

Sekitar 100 peserta akan mengikuti kegiatan tersebut, mulai dari siswa maupun mahasiswa se-Kota Kendari, Minggu 23 April mendatang.

Ketua Panitia Pelaksana, Ahmad Salim Taano, mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan pertama TMB Ischiadicus FK UHO.

Untuk itu, pesertanya baru melibatkan siswa SMA dan mahasiswa Kota Kendari saja.

Kata dia, Inshiadicus Cup I akan memberikan kegiatan yaitu pelatihan untuk siswa dan umum yang telah dilakukan pada 16 April dan lomba khusus untuk siswa yang akan digelar pada 23 April mendatang.

“Peserta yang ikut hari ini lebih dari seratus orang, diantaranya dari MAN 1 Kendari, SMAN 1 Kendari, SMAN 7 Kendari, SMAN 10 Kendari, SMA Kartika Kendari, mahasiswa FK UHO, Mahacala, mahasiswa Kesmas dan STIK Avicenna Kendari. Khusus siswa, kami diberi waktu seminggu agar menyiapkan diri untuk kembali mengikuti lomba Minggu depan,” ungkap Ketua Panitia Pelaksana, Ahmad Salim Taano, Selasa (18/4/2017).

Dikatakan, cedera atau kecelakaan seringkali terjadi di masyarakat. Oleh karena itu, selain tim medis, masyarakat juga penting untuk mengetahui bagaimana memberi penanganan pertama pada korban insiden tersebut.

“Kami mulai menyasar masyarakat ilmiah, seperti siswa dan mahasiwa serta organisasi medis lain. Nantinya, merekalah yang akan menjadi pionir atau perpanjangan tangan dari tim kesehatan,” ujarnya.

Ia menegaskan, jika terjadi sebuah kecelakaan, yang sering kali melibatkan tulang dan otot, maka orang pertama yang berhadapan langsung dengan korban adalah masyarakat yang berada disekitar kejadian. Maka dari itu, masyarakat perlu memahami bagaimana memberi pertolongan pertama sebelum ditindak lanjuti oleh tim medis atau kesehatan.

“Pemahaman ini yang ingin kita bagi dengan peserta pelatihan. Selain itu kita juga ingin mengenalkan FK serta TBM Ischiadicus UHO kepada masyarakat secara luas,” terangnya.

Dijelaskan, TMB memang bergerak dalam kegiatan medis. TMB FK UHO sudah banyak terlibat dalam kegiatan kesehatan, baik yang bertaraf regional maupun nasional. Salah satunya bergabung dalam Perhimpunan Tim Bantuan Medis Mahasiswa Kedokteran Indonsia (PTBMMKI).

Kegiatan rutin lainnya, ada juga baksos di daerah-daerah yang masih jarang tersentuh dengan kesehatan, seperti sunatan massal serta pengobatan gratis. Selain itu juga ada ad dokter travelling yang turun di daerah terpencil yang tenaga kesehatannya masih kurang.

“Mudah-mudahan melalui kegiatan ini, kami bisa berbagi ilmu dan pengetahuan kepada masayarakat. Kedepannya, kami tak hanya melibatkan pelajar dan mahasiswa Kota Kendari, tetapi akan digelar lebih besar lagi,” tutupnya.(C)

About author