Ke Situs Sejarah, Rombongan Kemendikbud di Sambut Tarian Perang
Keterangan Gambar :

Ke Situs Sejarah, Rombongan Kemendikbud di Sambut Tarian Perang

85 views
0

Wakatobi,Radarsultra.co.Id – Rombongan kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) RI yang mengunjungi situs sejarah, Keraton Liya disambut tarian perang, Tamburu Liya.

Rombongan yang dipimpin Mentri Pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) RI, Muhadjir Effendy ini setelah tiba di gerbang atau Lawa masyarakat setempat menyebutnya.

Tidak jauh dari lapangan sekaligus lokasi mesjid Keraton Liya langsung dihadang 12 orang remaja berpakaian seragam sekolah SLTP dilapisi pakai adat lengkap dengan satu bendera berwarna kuning serta beberapa alat perang seperti tombak.

Rupanya itu adalah para siswa SLTP N.1 Wangi-Wangi Selatan yang khusus disiapkan menerima kunjungan Mendikbud di situs sejarah Keraton Liya dengan memberikan atraksi tarian perang, Tamburu Liya sebagai tarian penyambutan.

Namun selain kunjungan Mendikbud, tarian ini lumrah menjadi tarian adat sekaligus tarian khusus penyambutan tamu-tamu kehormatan Keraton Liya hanya bedanya biasa diperankan para tetua adat.

Sayangnya karena kunjungan Mendikbud bertepatan waktu shalat dzuhur sehingga atraksi itu hanya diperankan 4 orang saja dengan dua kali atraksi dimana masing-masing berpasangan saat penampilannya.Dan usai menyaksikan tarian perang penyambutan bersama rombongan, Mendikbud langsung shalat berjamaah di Mesjid Keraton Liya.(C)

About author