Karhutla di Kendari, Warga Dihimbau Siap Siaga
Keterangan Gambar :

Karhutla di Kendari, Warga Dihimbau Siap Siaga

168 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Jalan Lumba-lumba, Kelurahan Lalolara, Kecamatan Kambu, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) semakin memprihatinkan.

Lurah Lalolara, Polingai, SE, M.Si ditemui di lokasi Karhutla, Jumat, (18/10/2019)

Api yang mulai menyala sejak Selasa, 15 Oktober 2019 lalu kini telah menghanguskan sekitar kurang lebih 3 (tiga) hektar lahan dan mulai masuk ke pemukiman warga.

Lurah Lalolara yang ditemui di lokasi Karhutla, Polingai, SE, M.Si mengatakan, titik api duduga muncul dari RT. 01, arah barat Jalan Lumba-lumba, api sempat padam pada Kamis malam, 17 Oktober 2019 namun kembali menyala secara misterius dan menjalar ke arah timur Jalan Lumba-lumba.

“Sudah sekitar tiga hari titik api dari, RT. 01. Kemarin dari pihak pemadam juga, bahkan sudah magrib juga berhenti lagi tidak ada asap, tiba-tiba tengah malam atau subuh kencang angin, dan api muncul lagi kaya semacam dari bawah tanah. Kemungkinan semacam lahan gambut yang terbakar,” kata Polingai yang turun langsung meninjau lokasi Karhutla, Jumat, (18/10/2019).

Warga mulai mengemasi barang-barang rumahnya dan bersiap mengungsi

Untuk mengantisipasi peluasan kebakaran, pemerintah dan masyarakat setempat ikut terlibat memadamkan api, sementara itu sebagian warga sudah bersiap untuk mengungsi dan mulai mengemasi barang-barang mereka.

“Warga sudah kami informasikan siap siaga agar bergeser dulu, sebagian sudah ada yang berkemas dan sebagian ada yang masih tetap bertahan juga,” ungkapnya.

Kepulan asap putih tampak mulai memasuki pemukiman warga, akibatnya, seorang warga atas nama Titin yang tengah hamil 7 (tujuh) bulan pingsan saat hendak menyelamatkan barang-barang di rumahnya, Titin yang diduga pingsan karena gangguan pernafasan dilarikan ke Rumah Sakit (RS) Kota Kendari.

Karhutla mulai menjalar ke pemukiman warga, masyarakat ikut memadamkan api