Kapal Tongkang Ore Nikel Patah di Perairan Konut, Polisi Telusuri Penyebabnya
Keterangan Gambar :

Kapal Tongkang Ore Nikel Patah di Perairan Konut, Polisi Telusuri Penyebabnya

258 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Peristiwa patah dan tenggelamnya kapal tongkang pengangkut ore nikel milik PT. Aneka Tambang (Antam) di perairan Tapunopaka, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Rabu (06/11/2019) lalu menjadi atensi bagi pihak Kepolisian Daerah (Polda) Sultra untuk melakukan pengawasan terhadap kapal yang beraktivitas di perairan Sultra.

Kepala Kepolisia Daerah (Kapolda) Sultra, Brigjen Pol. Drs. Merdisyam diwawancari usai menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Polairud yang ke-69 tahun 2019 di pelabuhan Bungkutoko, Kecamatan Nambo, Kota Kendari, Rabu (04/12/19) mengatakan, peristiwa tersebut tidak akan terjadi kalau dilakukan upaya pencegahan dini sebelum kapal tersebut digunakan

Kita ketahui daerah kita adalah daerah pertambangan, yang dimana hilir mudik di perairan keluar masuk hasil tambang. Kemarin kita baru ada kejadian patahnya tongkang di perairan Konawe Utara. Hal ini tidak perlu seharusnya terjadi kalau dilakukan upaya-upaya pencegahan dan pengecekan bersama-sama,” kata Kapolda, Rabu, (04/12/2019).

Sementara itu, Direktur Polairud Polda Sultra, AKBP. Suryo Aji, S.I.K mengatakan, terkait musibah laut tersebut, pihaknya akan menindaklanjuti untuk mengetahui penyebab patahnya kapal tersebut.

“Seperti yang tadi pak Kapolda sampaikan masalah tongkang yang patah itu, itu nanti akan kami tindak lanjuti, apa dan bagaimana mekanismenya disana, apakah human eror, atau dari teknisinya, atau bagaimana kondisi kapalnya.  Kan semua harus memenuhi standar, jadi nanti akan kami tindaklanjuti,” ungkapnya.