Jelang Natal dan Tahun Baru, Polda Sultra Gelar Rapat Koordinasi  Operasi Lilin 2019
Keterangan Gambar : Kapolda Sultra, BrigjendPol. Merdisyam

Jelang Natal dan Tahun Baru, Polda Sultra Gelar Rapat Koordinasi  Operasi Lilin 2019

55 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektoral di Aula Dhacara Mapolda Sultra, Selasa, (17/12/2019).

Jelang Natal dan Tahun Baru, Polda Sultra Gelar Rapat Koordinasi  Operasi Lilin 2019

Rakor tersebut dilaksanakan dalam rangka persiapan Operasi Lilin Anoa 2019 yang melibatkan TNI-Polri, Badan Intelejen Nasional (BIN) BNNP, Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kesehatan (Dinkes), BMKG, Jasa Raharja, Bappeda, Bulog, Terminal BBM, Perindag Sultra, Kadis Pariwisata, Kadis SDA Bina Marga dan Kanwil Kemenag Sultra.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sultra, BrigjendPol. Merdisyam mengatakan, sasaran operasi Lilin Anoa 2019 yaitu pengamanan Natal dan malam pergantian tahun 2020 di wilayah Sulawesi Tenggara secara keseluruhan.

Kita tadi mengkoordinasikan kesiapan dari seluruh stakeholder yang ada, karena kita tahu bahwa pengamanan Natal dan malam tahun baru ini bukan hanya domain dari kepolisian,” kata Kapolda saat ditemui di Aula Dhacara Mapolda Sultra, Selasa, (17/12/2019).

Pada rakor tersebut, masing-masing instansi memaparkan kesiapan dan segala sesuatu yang akan dihadapi dalam pelaksanaan pengamanan Natal 2019 dan lonjakan aktivitas masyarakat menjelang pergantian tahun 2020.

“Tadi kita sudah melihat dan mendengarkan langsung kesiapan-kesiapan dari unsur utama pengamanannya, kemudian juga unsur pendukung yang terkait dengan salah satunya tadi distribusi bahan bakar, kemudian ketersediaan listrik, kemudian juga distribusi pangan dan bahkan sampai kesiapan sarana dan prasarana penunjang lainnya,” ungkapnya.

Dalam rapat tadi bisa kita simpulkan bahwa kita semua sudah siap untuk melaksanakan kegiatan pengamanan dan mengamankan natal dan malam pergantian tahun baru 2020,” sambungnya.

Pelaksanaan operasi Lilin Anoa 2019 melibatkan kurang lebih 3500 personil yang merupakan gabungan dari TNI-Polri dan unsur pendukung dari Pemda se-Sultra.

Secara keseluruhan pada pelaksanaan tersebut kita juga melibatkan diluar daripada pengamanan yang ada, dan kita melibatkan masyarakat baik mulai dari provinsi sampai dengan kabupaten,” jelasnya.

Untuk menjaga sisituasi Kamtibmas tetap aman dan kondusif, Kapolda juga menghimbau, agar perayaan malam pergantian tahun baru 2020 sebaiknya tidak hanya bersifat hura-hura.

Saya juga mengimbau kepada masyarakat bahwa pelaksanaan pergantian tahun ini juga sebaiknya tidak hanya bersifat hura-hura, pesta di jalan, tetapi lebih baik mari kita bersama-sama kita tingkatkan kegiatan-kegiatan ibadah,” pungkasnya.