Jasa Raharja Sultra Naikkan Santunan Kecelakaan Hingga 100 Persen
Keterangan Gambar :

Jasa Raharja Sultra Naikkan Santunan Kecelakaan Hingga 100 Persen

192 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – PT Jasa Raharja Persero Cabang Sulawesi Tenggara (Sultra) menaikkan jumlah santunan kepada korban kecelakaan hingga 100 persen terhitung Juni 2017 sesuai Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) Nomor 15 dan 16/PMK010/2017 tentang kenaikan besar santunan bagi korban kecelakaan angkutan penumpang dan korban kecelakaan lalu lintas jalan.

Penerima santunan meninggal dunia yang diserahkan kepada ahli waris naik sesuai Permenkeu menjadi Rp 50 juta dari Rp 25 juta sebelumnya, kemudian untuk cacat tetap juga naik dari Rp 25 juta menjadi Rp 50 juta, biaya perawatan luka-luka maksimal naik dari Rp10 juta menjadi Rp 20 juta, dan biaya penguburan naik dari Rp 2 juta menjadi Rp 4 juta dijelaskan dalam keterangan tertulis.

Ketgam : Foto bersama Kepala Jasa Raharja Cabang Sultra, Jhon Veredy Panjaitan dengan kedua penerima santunan korban kecelakaan (Foto:Icha/Radarsultra.co.id))

Santunan biaya perawatan luka-luka maksimal naik dari Rp 10 juta menjadi Rp 20 juta, penggantian biaya P3K dari tidak ada menjadi Rp 1 juta dan penggantian biaya ambulans dari tidak ada menjadi Rp 500 ribu.

“Sosialisasi ini bertujuan menyampaikan kepada masyarakat tentang haknya ketika kecelakaan sehingga mendapat santunan sesuai yang telah ditetapkan undang-undang untuk mensejahterahkan masyarakat,” kata Kepala Jasa Raharja Cabang Sultra Jhon Veredy Panjaitan di Hotel Clarion Kendari, Jumat (26/5/2017).

Ketgam : Konfererensi Pers PT Jasa Raharja Sultra, Laode Kadirun (kiri), Ismail Mahmud (tengah), Jhon Veredy Mahmud (tengah) dan Hado Hasina (kanan) di Hotel Clarion Kendari, Jumat (26/5/2017) (Foto:Icha/Radarsultra.co.id)

“Kenaikan santunan itu tidak diikuti dengan peningkatan pembayaran premi sehingga harus diketahui oleh masyarakat luas,” sambungnya.

Kegiatan sosialisasi dibuka oleh Wakil Gubernur Sultra Saleh Lasata dan dihadirkan pembicara utama yakni Wakil Direktur Lantas Polda Sultra Alan Gerits, Kadishub Sultra Hado Hasina, Pengurus Organda Sultra Laode Kadirun dan Kepala Jasa Raharja Sultra Jhon Veredy Panjaitan serta dihadiri berbagai kalangan mulai jajaran pejabat Jasa Raharja Pusat, pejabat Polda Sultra, jajaran Dishub Sultra, Organda Sultra dan pihak terkait lainnya.

Saleh Lasata menyampaikan apresiasi kepada Jasa Raharja yang menaikkan santunan kecelakaan lalu lintas itu, termasuk peningkatan berbagai layanan.

“Kenaikan santunan itu sudah lama ditunggu-tunggu masyarakat, sejak 2008 santunan tidak mengalami kenaikan. Ini menunjukkan kemampuan negara dalam pengelolaan santunan,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kadis Perhubungan Sultra Hado Hasina mengatakan Pemerintah bersama pihak terkait khususnya dinas perhubungan kita sudah harus mulai fokus dengan isu keselamatan transportasi mulai dari menyiapkan sarananya, rambu-rambu dan mengatur ulang managemennya termasuk pungli dan faktor kelalaian manusia juga menjadi pemicu terjadi kecelakaan.(**)

About author

andi nur aisyah

My nickname icha, i was born on October 21, 1990