Ilyas Abibu di Lantik Jadi Sekda Wakatobi
Keterangan Gambar : Bupati Wakatobi Arhawi saat melantik Ilyas Abibu sebagai Sekda Wakatobi.

Ilyas Abibu di Lantik Jadi Sekda Wakatobi

420 views
0

Wakatobi-Radarsultra.co.Id – Mantan Kepala Bappeda Kabupaten Buton, Ilyas Abibu,SE.Md.M resmi dilantik sebagai sekretaris daerah (Sekda) defenitif kabupaten Wakatobi oleh Bupati Kabupaten Wakatobi,H.Arhawi Ruda,SE.bertempat di Gendung Pesanggrahan Budaya Wangi-Wangi Selatan. Senin(13/3/2017)

Sesuai keputasan Bupati nomor 307 tahun 2017 tentang pengangkatan pejabat pratama tingkat 1, Sekda baru ini dilantik dihadapan seluruh unsur pimpinan daerah (Muspida) lingkup pemerintah Kabupaten Wakatobi.

Bupati Wakatobi,H.Arhawi dalam sambutannya mengatakan terpilihnya Ilyas Abibu adalah murni karena hasil seleksi yang menempatkan dia pada posisi teratas dibanding rival seleksinya yang dilaksanakan baru-baru ini ditingkat Propinsi Sulawesi Tenggara.

“Untuk kita ketahui bersama bahwa proses seleksi pemilihan sekda kabupaten Wakatobi telah berjalan kurang lebih satu bulan dan alhamdulillah pada pagi hari ini dihadapan Bapak dan Ibu sekalian kita saksikan sama-sama bahwa yang dilantik Muhammad Ilyas Abibu satu satu putra daerah yang memiliki rangking pertama dari 7 peserta yang ada,’’ jelasnya.

Bupati menyebut jika proses seleksi terkhusus pada jabatan pratama telah berbeda pada seleksi tahun-tahun sebelumnya. Dimana sesuai aturan telah menghendaki agar semua aparatur sipil negara dilingkup Pemerintahan di Seluruh Indonesia ketika menduduki jabatan harus patuh terhadap UU No 5 tentang KASN tahun 2014 demikian yang dituangkan melalui Peraturan MenPan & RB.

“Hal ini kita sudah lakukan terutama mengenai seleksi Sekda. Kegiatan yang sama juga akan dilakukan secara berjenjang dilingkup Pemerintahan Kabupaten Wakatobi terutama pada eselon 2Bb, masih ada 11 SKPD masih menjadi pelaksana tugas sehingga terlantiknya Sekda Denenitif. Diharapkan sekretaris daerah yang telah diambil sumpahnya pada hari ini akan sesegera mungkin melakukan langkah-langkah terutama mempersiapkan seleksi yang dimaksud,’’ paparnya.

Namun secara pribadi, Ia menilai proses seleksi tersebut sangat berat dipertimbangkan, dari 7 calon sekda yang mengikuti seleksi semuanya diakui sebagai orang dekat bahkan dari 7 orang ini dianggap sebagai keluarganya.

“Pak Juhaidin yang telah melaksanakan tugas selama 6 bulan lalu adalah saudara saya dan sahabat saya dan beliau telah lama bersama-sama ketika masih di DPRD kabupaten Wakatobi bahkan beliau memberikan masukan dan petunjuk ketika saya menjadi wakil Bupati,’’ kenangnya.

Demikian juga Muhammad Ilyas Abibu adalah sahabat lamanya semasih sekolah di SMA N.1 Bau-bau.

“Beliau bernasib baik melanjutkan kuliah dan menyelesaikan studinya dengan singkat beda dengan saya menyelesaikan waktu yang panjang karena perbedaan kemampuan barang kali. Belaiu telah mengabdi berpuluh-puluh tahun di Kabupaten Buton. Saya mendengar beliau memiliki prestasi saat memangku jabatan disana,’’ tambahnya.

Sehingga lewat pelantikan tersebut dia berharap para pelaksana tugas kepala dinas mampu bersikap inovasi berkreatif serta memahami aturan agar didalam seleksi yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ada kepercayaan yang bisa dipertahankan

“Bahkan sangat berbahaya bagi saudara-saudara ketika seleksi yang akan kita lakukan dimasa akan datang saudara-saudara kita yg akan datang dari Kendari dan Beberapa Kabupaten lain hadir juga dan kita akan kalah berkompetisi,’’ tutupnya. (C )

About author