HUT RI ke-75 Ditengah Pandemi, Abu Hasan: Mestinya Kita Semakin Sabar, Kuat dan Tangguh
Keterangan Gambar : Foto Bersama usai Upacara HUT RI

HUT RI ke-75 Ditengah Pandemi, Abu Hasan: Mestinya Kita Semakin Sabar, Kuat dan Tangguh

0

Butur, Radarsultra.co.id – Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 yang masih dalam situasi Pandemi Covid-19 tentunya sangat berbeda dari peringatan HUT RI pada umumnya, begitu juga di Buton Utara.

Meski Buton Utara merupakan daerah berstatus zona putih Covid-19, namun protokol kesehatan, penggunaan masker dan jaga jarak tetap diterapkan dalam pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ke-75. Tidak hanya itu peserta upacara dibatasi yakni dari perwakilan TNI-POLRI, ASN, dan Pramuka, bahkan pasukan pengibar bendera yang ditugaskan juga hanya 8 (delapan) orang.

Menyikapi hal tersebut, Bupati Buton Utara (Butur), Abu Hasan selaku pucuk pimpinan tertinggi di Kabupaten yang memegang teguh jargon “Lipu Tinadeakono Sara” itu memiliki pandangan positif bagi generasi penerus bangsa, khususnya untuk Buton Utara.

Ia mengatakan, di usia NKRI yang ke 75, masyarakat harus makin dewasa dalam menyikapi situasi dan dinamika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara baik itu dinamika sosial, politik, ekonomi dengan segala kondisi, progres dan degradasinya.

Kalau usia 75 tahun itu mestinya kita semakin sabar, kuat, tangguh menghadapi situasi sehingga apapun yang kita hadapi adalah bagian dari kehidupan yang seharusnya kita sikapi secara dewasa oleh seluruh elemen masyarakat, tidak boleh kita menghadapinya secara instan dan melihatnya semua dalam jangka pendek,” Kata Abu Hasan yang ditemui usai pelaksanaan Upacara HUT RI di lapangan Raja Jin, Butur, Senin, (17/08/2020).

Mantan Kepala Biro Humas Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) itu juga mengungkapkan, pemuda sebagai penerus bangsa juga harus menjadi generasi pelurus yang akan membangun daerah yang bebas dari Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Pemuda ini harus melanjutkan, selain sebagai generasi penerus juga harus menjadi generasi pelurus, jadi dia melanjutkan, dia meneruskan tapi dia harus meluruskan, kalau ada hal-hal yang bengkok yang dikerjakan oleh generasi sekarang yang muda harus berani meluruskan,” ungkapnya.

Lanjut Abu Hasan, Untuk menjadi generasi pelurus, generasi milenial harus memiliki kemampuan, sikap dan penalaran yang lurus dan tidak terjebak pada kepentingan-kepentingan sesaat

Harus punya visi kedepan berdasarkan data historis 75 tahun bangsa kita menjalani kehidupan bangsa dengan segala dinamika. Jadi anak muda harus benar-benar mempersiapkan diri dalam regenerasi bangsa untuk semua lapisan kehidupan,” lanjutnya.

Ketgam: Abu Hasan saat melakukan ritual tabur bunga di lautan Butur (pelabuhan laut Ereke) untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan Nasional.

Tidak hanya Upacara, peringatan HUT RI ke-75 juga dilaksanakan dengan ritual tabur bunga di lautan Butur (pelabuhan laut Ereke) untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan Nasional.