HUT ke 74, TNI-AL Membangun Pertahanan di Desa Pesisir
Keterangan Gambar :

HUT ke 74, TNI-AL Membangun Pertahanan di Desa Pesisir

76 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Diusianya yang ke 74, Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) semakin memperkuat pertahanan di wilayah pesisir Indonesia.

Seperti halnya TNI-AL Kendari yang bertugas memperkuat pertahanan di wilayah perairan Sultra terus mencanangkan program-program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat untuk memperkuat sinergitas dengan masyarakat pesisir di bumi Anoa.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Kendari, Kolonel Laut (P) I Putu Darjatna, mengatakan, salah satu upaya peningkatan pertahanan yang dilakukannya yaitu dengan meningkatkan kualitas hidup masyarakat itu sendiri baik dari segi ekonomi dan kecintaan terhadap bangsa Indonesia.

“Untuk sinergitas kita dengan masyarakat sesuai tugas pokok kita tentunya kita ada pemberdayaan wilayah pertahanan dan itu tidak terlepas dari lingkungan sekitar kita, masyarakat sekitar, terutama masyarakat yang ada di pesisir,” Kata Kolonel Laut (P) I Putu Darjatna saat ditemui di Mako Lanal Kendari, Selasa, (10/09/2019).

“Tugas-tugas kita juga ikut membantu masyarakat pesisir untuk peningkatan baik itu dari sisi ekonomi mereka, kemudian untuk membantu melaksanakan pelatihan kepada mereka tentunya akan menumbuhkan kegiatan ekonomi di masyarakat pesisir kita,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, TNI-AL Kendari juga kerap melakukan pembinaan terhadap desa-desa maritim di Sultra baik itu pembinaan karakter hingga melakukan bedah rumah bagi rumah yang sudah tidak layak huni.

“Untuk desa di dekat sini saja ada, yaitu desa Mekar di kampung Bajoe, kemarin kita juga membantu mereka untuk melakukan bedah rumah tidak layak huni, itu rumah-rumah mereka yang sekiranya sudah tidak layak huni kita membantu dari Angkatan Laut untuk renovasi, ada 15 rumah yang kita laksanakan bedah dan mereka juga sangat berterima kasih, kita juga sesuai tugas kita juga senang untuk mereka bisa hidup dengan layak,” ungkapnya.

Di usia TNI-AL yang ke 74, Kolonel Laut (P) I Putu Darjatna berharap agar TNI-AL semakin mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia demi terciptanya pertahanan dan keamanan di Sulawesi Tenggara

“Harapan kami tentunya TNI-AL semakin dicintai masyarakat dan terus tetap dapat melaksanakan tugas pokok sesuai Undang-undang dan tentunya kita dapat bersinergi dengan instansi lain untuk menjaga pertahanan dan keamanan khususnya di wilayah Sultra kita ini,” harapnya.