Hijaukan Kota Kolaka, Kodim 1412/Kolaka Tanam 3000 Bibit Pohon Mahoni
Keterangan Gambar :

Hijaukan Kota Kolaka, Kodim 1412/Kolaka Tanam 3000 Bibit Pohon Mahoni

173 views
0

Kolaka, Radarsultra.co.id– Dalam rangka menghijaukan Kota Kolaka, Kodim 1412/Kolaka melakukan penanaman bibit pohon mahoni di sepanjang kiri kanan jalan Bypass Kolaka-Pomalaa. Kegiatan ini di pimpin langsung oleh Letkol Inf Seniman Zega, S.H. bersama Muspika, FKPPI, Polres Kolaka dan masyarakat serta sejumlah 150 personel yang terlibat dalam kegiatan tersebut Kamis (23/2/2017).

“3000 bibit pohon mahoni tersebut nantinya akan menghijaukan Kota Kolaka, namun dalam melaksanakan kegiatan penghijauan harus tulus dan Ikhlas. Sebab yang kita lakukan banyak sekali manfaatnya, dan ini merupakan upaya untuk mencegah terjadinya banjir,” ujar Letkol Zega.

Kegiatan penghijauan terus dilakukan oleh Kodim 1412/Kolaka setiap kali musim hujan. Tetapi upaya tersebut tidak dilakukan saat musim kemarau untuk menghindari tanaman menjadi tidak terawat.

“Ini target kami, setiap musim hujan ditanam pohon sebanyak-banyaknya. Namun saat musim kemarau tiba, kami tidak melakukan penanaman. Melainkan fokus pada perawatannya, sebab kalau dilakukan penanaman secara paksa akan membuat tanamannya akan mati,” ujar Kapten Duding saat mengambil apel pengecekan sebelum kegiatan dimulai.

Sementara itu, Pasi Ops Dim 1412/Kolaka juga menjelaskan kegiatan penghijauan ini dilakukan secara serentak guna membangun lingkungan hijau, asri . ‘’Dan hari ini satu pohon minimal 3 sampai 4 pohon yang kita tanam, serta kegiatan ini juga sebagai langkah awal pelestarian lingkungan hijau,’’ katanya.

Letkol Zega berharap nantinya kegiatan penghijauan ini adalah selain dalam upaya mengurangi dampak pemanasan secara global juga terdapat manfaat lain yang sangat luar biasa. Selain itu juga untuk menangkal terjadinya erosi, mengembalikan keasrian serta ekosistem alami lingkungan juga dapat bermanfaat sebagai cadangan air tanah dikala musim kemarau. (C )

About author