Hidayatullah: Pilkada Serentak Sukses Dilaksanakan
Keterangan Gambar :

Hidayatullah: Pilkada Serentak Sukses Dilaksanakan

Editors choice
478 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di tujuh Kabupaten dan Kota yang dilaksanakan kemarin berlangsung sukses dan damai, dari 1883 Pemilihan Suara (TPS) hanya satu yang dilakukan Pemilihan Suara Ulang (PSU).

Hal itu dikatakan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra, Hidayatullah saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (15/2/2017).

“Dari 1883 TPS, cuma satu yang dilakukan PSU di TPS 2 Desa Inulu Kabupaten Buton Tengah, yang tadi baru selesai hari ini dan berjalan dengan baik dan tuntas,” katanya.

Langkah selanjutnya pihaknya tinggal mengarahkan kepada KPU di tujuh Kabupaten dan Kota yang menyelenggarakan Pilkada untuk melakukan scanner C1.

“Sekarang tinggal di scanner atau mengupload dan antry data C1 disemua TPS yang bisa dilihat diwebsite kami,” ujarnya.

Dikatakannya juga bahwa proses scanner/upload itu sendiri merupakan wujud transparansi oleh pihak KPU kepada seluruh masyarakat agar bisa menjadi pedoman bagi masyarakat.

“Jadi hasilnya bisa dilihat diwebsite kita dan bisa diprint out untuk dijadikan alat kontrol kalau nanti ada yang meragukan terkait rekapitulasi ke tingkat lebih atas,” ungkapnya.

Terkait rekapitulasi, ia juga menegaskan bahwa telah dijadwalkan sesuai dengan PKPU nomor 7 tahun 2015, mulai hari ini sampai tanggal 22 februari sudah bisa dilakukan rekapitulasi tingkat kecamatan dan seterusnya dari tanggal 22 sampai 24 februari dilakukan ditingkat kabupaten.

“Jadi hasil dari kabupaten bisa dilihat terkait potensi perselisihan hasil, karna perselisihan hasil hanya bisa dilakukan di Mahkamah Konsitusi,” tegasnya.

Ia juga menambahkan dari pilkada serentak yang telah sukses 100 persen yakni Kabupaten Buton, Kota Kendari 99,9 persen, sementara kabupaten lain sudah proses 50 hingga 60 persen.

“Kota Kendari tinggal 99,9 persen yang mana tinggal enam TPS, mudah-mudahan bisa rampung hari ini,” tutupnya.(B)

About author