Hasil Swab Tes Kasus PDP di Butur Negatif, Buton Utara Kembali Zona Hijau
Keterangan Gambar : Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTC-19) Butur.

Hasil Swab Tes Kasus PDP di Butur Negatif, Buton Utara Kembali Zona Hijau

144 views
3

Butur, Radarsultra.co.id – Setelah menunggu 9 (sembilan) hari, Pasien Dalam Pemantauan (PDP) di Kabupaten Buton Utara (Butur) akhirnya dinyatakan negatif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Hal tersebut diungkapkan oleh Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTC-19) Butur, dr. Ali Badar, ia mengatakan, Hasil Swab Tes PDP inisial ibu M (51) dari Desa Labelete, Kecamatan Kulisusu Utara (Kulut) tersebut adalah negatif.

Berdasarkan hasil rapid tes yang dilakukan di Rumah Sakit (RS) Bahteramas pada 2 Mei 2020 lalu, ibu M langsung ditetapkan sebagai PDP sekaligus menjadi kasus PDP pertama di Kabupaten Buton Utara.

Hasil rapid tes ibu M pada 2 Mei 2020 lalu menunjukan reaktif Covid-19, kami tindak lanjuti dengan melakukan Swab tes yang sampelnya dikirim ke Makassar pada 4 Mei 2020 lalu, sekarang hasilnya sudah keluar dan Alhamdulillah negatif,” kata dr. Ali Badar.

dr. Ali menambahkan, dalam waktu dekat ini, pihaknya akan melakukan pengambilan sampel swab tes di RSUD Butur untuk tujuan deteksi yang lebih maksimal lagi.

Semua kluster yang beresiko, ODP, PDP kita upayakan lakukan pengambilan sampel swab,” tambahnya.

Dengan keluarnya hasil Swab tes tersebut, ibu M dinyatakan bebas Covid-19 dan Kabupaten Buton Utara kembali ke zona hijau. Meskipun demikian, GTC-19 Butur tidak ingin kecolongan dan tetap memperketat penjagaan dan melakukan deteksi dini.

Untuk saat ini, kita belum bisa berbahagia dengan kondisi daerah zona hijau hingga screening diagnostik kita maksimal. kita berdoa semoga Butur akan tetap zona hijau dgn pemeriksaan swab nantinya,” ujarnya.