Hasil Akhir  Real Count Fisip UHO, ADP-Zul  Tetap Unggul
Keterangan Gambar :

Hasil Akhir Real Count Fisip UHO, ADP-Zul Tetap Unggul

Editors choice
263 views
0

Kendari-Radarsultra.co.id Hasil akhir Real Qount Pilwali 2017 oleh Fakultas Ilmu Sosial Politik (FISIP) UHO dimenangkan oleh pasangan calon nomor urut 2, ADP-SUL.

Dalam konfrensi pers dengan wartawan pukul 17.22 Wita sore tadi setelah real count, Rabu (15/2) oleh Dekan FISIP UHO, Dr Bahtiar mengatakan bahwa pasangan ADP-SUL unggul dengan perolehan 61.805 suara atau 41,13 persen, kemudian disusul Paslon nomor urut 1 Razak-Haris urutan kedua dengan perolehan suara 55.195 suara atau 37,21 persen, sementara Paslon nomor urut 3 Derik-Syariah berada di urutan ketiga dengan perolehan 33.870 suara atau 22,54 persen.

“Perolehan tersebut dari jumlah suara yang sah 152.080 suara dari 520 TPS yang ada di Kota Kendaru,” ujar Bahtiar.
Bahtiar menyakini bahwa hasil real count yang dilakukan oleh pihak FISIP UHO dengan menggunakan metode sensus ini cukup handal dan bisa dipertanggungjawabkan. Karena pihaknya mengunakan Metode Sensus yaitu seluruh TPS yang berjumlah 520 TPS yang ada di Kota Kendari itu diambil datanya.
Dimana setiap mahasiswa yang ditugaskan itu mengambil data di dua TPS dan disertai dengan bukti selain dengan merekam angka.
‘’Kami juga menyiapkan blangko isian setiap pasangan calon pada setiap TPS dan itu ditandatangani oleh KPPS dan distempel sehingga data yang kami peroleh itu sah, resmi dan kami bisa pertanggungjawabkan,” ujarnya.
Bahtiar juga mengatakan bahwa real count ini melibatkan 255 mahasiswa FISIP UHO yang sebelumnya sudah melaksanakan training sebelum melakukan tugasnya di lapangan.
“Kegiatan ini melibatkan enumerator yang berasal dari mahasiswa fisip UHO yang terdiri dari mahasiswa Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan, Jurnalistik, Sosiologi dan Hubungan Internasional dengan jumlah 255 mahasiswa,” paparnya.
Perlu diketahui juga bahwa Real count yang dilakukan oleh FISIP UHO ini bukan untuk menyampaikan hasil dari Pilwali Kota Kendari 2017, pihaknya hanya melakukan pengumpulan data dari Pilwali dan bukan untuk menyampaikan hasil pemenang dari pesta demokrasi tersebut.
“Berdasarkan surat keputusan KPU Nomor : 21/KPPS/KPU Kota Kendari bahwa Fisip UHO salah satu lembaga yang melakukan survey Pilwali Kendari. Real count yang kami lakukan bukan untuk menyampaikan data hasil pemenang dari Pilwali, karena proses untuk menyampaikan pemenang Walikota dan Wakil Walikota adalah kewenangan dari KPU, ‘’ paparnya.