Harga Cabe Naik. Pemerintah Baru Cari Solusi, Sementara Pedagang  Sudah Merugi
Keterangan Gambar :

Harga Cabe Naik. Pemerintah Baru Cari Solusi, Sementara Pedagang  Sudah Merugi

83 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Kenaikan harga cabe awal tahun ini tentunya sangat merugikan pedagang yang sehari-harinya mengunakan cabe dalam jumlah besar. Namun kenaikan cabe ini tidak diimbangi dengan kesigapan pemerintah.

Disaat masyarakat sudah terbebani dengan harga cabe yang naik cukup tinggi, pemerintah baru mencari solusi!!.

Seperti dikatakan Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman pada Radar Sultra saat berada di Kendari bahwa untuk menekan melonjaknya harga berbagai jenis cabai utamanya cabai rawit, pemerintah menerapkan program Kawasan Rumah Pangan Lestari.

Pemerintah telah menyiapkan 10 juta bibit cabai rawit untuk rumah tangga seluruh Indonesia, bekerja sama dengan PKK sebagai solusi permanen menekan kenaikan harga produksi pertanian.

“Selain memperpendek, bagi para petani yang tanamannya sudah siap, kami juga melakukan pendampingan untuk memanen lebih cepat” ujarnya saat diwawancarai di Grand Clarion Hotel.

Program tersebut telah mampu menekan harga berbagai macam jenis cabai hingga mulai menurun, kecuali untuk cabai rawit yang harganya masih cukup tinggi namun dipastikan akan ikut menurun juga.

Salah seorang penjual di Pasar Panjang Kendari, Salma, mengatakan untuk cabai rawit harganya saat ini masih cukup tinggi dari harga normal meskipun telah ada penurunan.

“Sekarang harganya itu 45 ribu per kilogram, dulu kita biasa jual hanya 15 ribu per kilogram” ujarnya saat diwawancarai ditempat jualannya, Sabtu, (14/1).

Sementera itu Irma, pemiik RM Padang di Andonohu mengaku bingung harus menjual makanan saat ini. Karena menu lauk yang dijual sebagian besar mengunakan cabe.

‘’Bingung, mau naikkan harga pembeli pasti mengeluh. Tidak dinaikkan saya hanya bisa untung tipis aias kembali modal,  karena cabe naik dan hampir  semua menu mengunakan cabe. Baik itu sayur, atau lauknya,’’ keluh Irma.

Dia berharap pemerintah cepat mengantisipasi masalah harga cabe ini karena ini sangat membebani pedagang kecil seperti mereka. ( C)