Gelombang Pertama, 156 TKA yang Masuk ke Sultra Gunakan Visa Kerja
Keterangan Gambar : Kepala Kantor Imigrasi Kendari, Hajar Aswad

Gelombang Pertama, 156 TKA yang Masuk ke Sultra Gunakan Visa Kerja

21 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Sebanyak 156 Tenaga Kerja Asing (TKA) gelombang pertama dipastikan masuk ke Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan menggunakan visa kerja.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Kantor Imigrasi Kendari, Hajar Aswad, Selasa, (23/06/2020).

Dirinya menjelaskan, ratusan TKA yang masuk menggunakan visa kerja (C312) yang terdapat keterangan nama dan nomor paspor pada visa tersebut.

Kami belum melihat secara langsung dan juga belum memegang paspor para TKA yang akan tiba hari ini, hanya memegang data mereka seperti nama, tempat tanggal lahir, dan lainnya,” jelasnya.

Selain itu, setelah tiba nanti, para TKA tersebut akan di karantina selama 14 hari dan dalam 15 hari kedepan, lanjut Aswad, pihaknya akan terjun untuk meninjau para TKA tersebut.

Untuk visa dan izin masuk keimigrasian, para TKA diberi waktu 30 hari, jika selama kurun waktu 30 hari belum melapor, maka belum bisa bekerja,” kata Hajar Aswad.

Untuk diketahui, ada 500 TKA dari China yang akan masuk ke Sultra, untuk bekerja sebagai tenaga ahli di perusahaan pemurnian nikel (smelter) yakni PT. Virtue Dragon Nikel Industri (VDNI) dan PT. Obsidian Stainless Steel (OSS) di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe.

Kedatangan mereka akan dilakukan secara bertahap dan untuk gelombang pertama yaitu sebanyak 156 TKA akan tiba pada (23/06/2020).