Gelar Kemah Eksekutif, Pemda Butur Siap Bangun Karakter Kepramukaan
Keterangan Gambar :

Gelar Kemah Eksekutif, Pemda Butur Siap Bangun Karakter Kepramukaan

104 views
0

Butur, Radarsultra.co.id – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buton Utara (Butur) bekerjasama dengan Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka melalui dewan kerja cabang menggelar Kemah Eksekutif di pelataran gedung islamic center, Mina-minanga, Kecamatan Kulisusu, Buton Utara, Jumat (27/12/2019).

Kegiatan tersebut akan diselenggarakan selama 2 (dua) hari mulai dari 27 hingga 28 Desember 2019.

Mengangkat tema Bersama Gerakan Pramuka Kita Tingkatkan Rasa Persaudaraan Dalam Membangun Daerah Menuju Masyarakat yang Aman, Berbudaya dan Religius, Pemda Butur mencoba membangun karakter kepramukaan anak bangsa dengan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan selama perkemahan berlangsung.

Pelaksana Harian Kwarcab Pramuka Butur, Ratman Bonda menjelaskan pelaksanaan Kemah Eksklusif kali ini dilakukan oleh Pemda, sedangkan Kwarcab sebagai fasilitator untuk menyukseskan kemah akbar tersebut.

Tujuan dari kegiatan ini sebenarnya adalah untuk menumbuhkan kembangkan kembali semangat kepramukaan kepada seluruh anggota masyarakat, terutama melalui pemerintah daerah untuk meneruskan pesan-pesan kepramukaan baik melalui pendidikan formal dan nonformal yang akan membentuk karakter dan kepribadian dari diri sendiri, daerah dan nasional,” kata Ratman, Jumat, (27/12/2019).

Dengan demikian, pendidikan karakter yang digagas melalui kurikulum 2013 yang saat ini dilaksanakan melalui pendidikan ekstara kurikuler, gerakan pramuka dapat tersampaikan kepada seluruh masyarakat terutama pada pemerintah daerah.

Selain itu juga, Ratman menuturkan, selain kemah eksklusif, juga akan ada kegiatan yang tidak kalah meriahnya yakni pemilihan Putra-putri Pramuka Kwaarcab 2019.

Harapan kami pelaksanaan kema eksekutif yang sudah mulai digagas secara nasional kepada seluruh daerah yang ada di indoneaia melaksanakan kegiatan ini secara berjenjang dari tingkat kabupaten provinsi dan nasional, kata Ratman saat ditemui ditempat pelaksanaan kemah,” lanjutnya

Kemah Eksklusif tersebut diikuti oleh ratusan peserta dari seluruh SKPD, tanpa terkecuali Bupati hingga tingkat Lurah dan Desa yang ditambah dengan penegak Pramuka Pandega Kwarcab.

Saat berita ini diturunkan persiapan kemah eksklusif sudah mencapai 90% dan persiapan pelaksanaan akan mencapai 100% pada saat upacara pembukaan pada Jumat sore nanti.