Gagalkan Penyelundupan Narkotika, Tiga Avsec Bandar Udara Hang Nadim Batam Terima Penghargaan
Keterangan Gambar : Foto bersama usai penyerahan piagam penghargaan di ruang Dharma Wanita Bandar Udara Hang Nadim Batam

Gagalkan Penyelundupan Narkotika, Tiga Avsec Bandar Udara Hang Nadim Batam Terima Penghargaan

29 views
0

Jakarta, Radarsultra.co.id – Atas keberhasilannya mengamankan dua penumpang transit yang menyelundupkan narkotika jenis sabu, tiga personel keamanan penerbangan (AVSEC) Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam menerima penghargaan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

Piagam penghargaan itu diserahkan langsung oleh Direktur Keamanan Penerbangan, Elfi Amir, didampingi Direktur BUBU Bandara Hang Nadim Batam, Suwarso di Ruang Dharma Wanita Bandara Hang Nadim Batam pada Kamis, (10/9/20).

Kami turut bangga atas prestasi yang dicapai oleh Bandara Hang Nadim,” ujar Direktur Keamanan Penerbangan, Elfi Amir dalam rilis Humas dan Umum Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Senin, (13/09/2020).

Elfi berharap, prestasi ini dapat dicontoh oleh bandara-bandara lainnya di Indonesia. Karena untuk mencegah penyelundupan narkotika ini amat sangat sulit, dan memerlukan keahlian khusus.

“Kami ucapkan selamat dan terima kasih kepada Personel AVSEC yang menerima penghargaan ini. Tetap semangat dan tetap menegakkan prosedur demi keselamatan dan keamanan penerbangan,” kata Elfi.

Elfi juga menyampaikan, dengan adanya temuan di Bandara Hang Nadim, pihaknya langsung mengeluarkan Surat Edaran untuk terus meningkatkan pengawasan dan pengecekan kepada siapa saja, baik itu masyarakat maupun pejabat, yang memasuki kawasan bandara dan hendak melakukan penerbangan.

Di dunia penerbangan, Narkotika bukan merupakan barang yang dapat membahayakan penerbangan. Jadi pelaksanaan tugas yang dilaksanakan oleh Personel AVSEC merupakan tambahan tugas titipan dari UU di luar UU Penerbangan,” ungkapnya.

Ancaman narkotika pada generasi muda sangat membahayakan, Elfi menambahkan, narkotika dapat merusak mental dan moral bangsa yang berujung terhadap lumpuhnya daya juang dan daya pikir sehingga berpotensi menurunkan atau bahkan menghilangkan kesadaran akan ketaatan dan kepatuhan terhadap hukum yang berlaku.

Untuk itu, dalam rangka mendukung program pemerintah di dalam memberantas peredaran Narkotika kita harus peduli terhadap pencegahan, pemberantasan, peredaran dan penyalahgunaan narkotika,” tambahnya.

Untuk diketahui, penyelundupan narkotika berhasil digagalkan oleh tiga petugas AVSEC di Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam pada Security Check Point pada (22/08/2020) lalu. Petugas mengamankan penumpang transit dari Pekanbaru tujuan Surabaya – Bali yang berusaha menyelundupkan narkotika jenis sabu seberat 3 kg yang dibungkus rapi dengan plastik disembunyikan di pinggang, betis, dalam sepatu dan dibagian celana dalam.