Gadai 13 Unit Mobil Rental di Kendari, Pria Paruh Baya Dibekuk Polisi
Keterangan Gambar : Kapolres Kendari, AKBP. Didik Efrianto didampingi Kapolsek Mandonga, AKP. Ketut Arya Wijanarka

Gadai 13 Unit Mobil Rental di Kendari, Pria Paruh Baya Dibekuk Polisi

68 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Kepolisian Sektor (Polsek) Mandonga Kota Kendari berhasil menangkap Suandi (53) tersangka tindak pidana penipuan dan penggelapan 13 unit mobil rental di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Belasan unit mobil rental yang berhasil diamankan dari pelaku

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kendari, AKBP. Didik Efrianto didampingi Kapolsek Mandonga, AKP. Ketut Arya Wijanarka mengatakan, aksi penipuan dan penggelapan tersebut berhasil terungkap setelah salah seorang korban (pemilik mobil) melaporkan Suandi ke Polsek Mandonga Kota Kendari, pasalnya mobil yang disewa kontrak sejak 6 Agustus 2019 lalu oleh Suwandi belum dikembalikan.

Modus operandi yang dilakukan Suandi adalah sewa gadai. Kejadiannya adalah tanggal 6 Agustus tersangka Suandi menyewa mobil pada salah satu rental di kota Kendari,” kata AKBP. Didik Efrianto, Rabu, (27/11/2019).

Menindak lanjuti laporan korban pada November 2019 lalu, pihak Polsek Mandonga berhasil menemukan tersangka Suandi yang ternyata sudah menggadaikan mobil sewaan milik korban.

Dua mobil, masing-masing mobil disewa seharga Rp.9 juta rupiah. Di bulan November pemilik menanyakan tentang mobil tersebut, namun dengan berbagai alasan penyewa atau tersangka yang telah kita tangkap mengatakan bahwa berbagai alasan dan lain-lain tidak bisa mengembalikan mobil,”.

Sehingga pelapor melaporkan ke Polsek Mandonga. Setelah itu kita cari dan didapatkan tersangka ternyata mobil tersebut telah digadaikan kepada seseorang yang saat ini telah kita dalami,” ungkapnya.

Hasil pengembangan kasus, Polisi kembali menemukan 11 unit mobil lainnya yang juga sudah digadai oleh Suwandi kepada seseorang yang identitasnya masih dirahasiakan oleh pihak Kepolisian.

Pengembangan ternyata tidak hanya 2 unit  mobil, ada 13 unit mobil bisa kita ungkap dan kita amankan di Polsek,” lanjutnya.

Saat ini, Suandi telah diamankan oleh pihak kepolisian dan atas perbuatannya, tersangka Suandi dikenakan pasal 378 Subsider 372 KUHP dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.

Kami mengimbau kepada warga Kendari ataupun pemilik rental, siapapun bisa datang ke Polsek Mandonga untuk mengecek mobil yang ada di Polsek Mandonga, jadi ada 11 unit yang kita amankan dari tersangka Suandi,” imbaunya.