FIsip UHO Kembangkan Budaya Baca-Tulis
Keterangan Gambar : "suasana Ruang Baca Terbuka FISIP UHO, beberapa mahasiswa terlihat sibuk membaca karya ilmiah yang disertakan dalam "Buku, Pesta, dan Cinta."

FIsip UHO Kembangkan Budaya Baca-Tulis

126 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UHO berinisiatif mengajak mahasiswa untuk mengembangkan budaya literasi (menulis-membaca, red) dengan mengangkat tema “Buku, pesta, dan Cinta” .

Kepada Radarsultra Senin (27/2/2017), inisiator sekaligus staf pengajar Fisip UHO Aenal Fuad menuturkan, tema buku, pesta, dan cinta sengaja diangkat untuk menarik minat mahasiswa agar turut berpartisipasi dalam even edukatif ruang baca terbuka (RBT) yang telah diselenggarakan baru-baru ini.

“Kegiatan seperti ini kita adakan untuk menciptakan tradisi membaca tidak hanya di ruang akademik, melainkan di berbagai waktu luang dimanapun kita berada,” ujar Enal, Senin (27/2).

Kegiatan RBT ini sendiri, didukung pihak FISIP UHO selaku sponsor utama. Buku-buku akademik maupun karya sastra keilmuan lainnya turut disertakan dalam kegiatan ini.

Selaku penyelenggara, Enal berharap agar mahasiswa lebih banyak meluangkan waktu untuk membaca. Dengan begitu, literasi keilmuan tidak hanya diaplikasikan dalam aksi demonstrasi, namun juga bisa menjadi sumber inspirasi yang bisa menghasilkan karya nyata yang bermanfaat bagi lembaga akademik.

“Menciptakan tradisi membaca dalam ruang akademik begitu penting untuk membangun kesadaran, bahwa ilmu sosial memiliki otoritas untuk menjelaskan realitas yang didasari tradisi keilmuwan yang sah. Tidak hanya diruang orasi, namun juga membawa manfaat bagi lembaga akademik, dan kehidupan mahasiswa itu sendiri,’’ urai Enal. (C )

About author

Alifiandra Lala

Reporters. Graduated from faculty of science admnstrasi, Haluoleo University, Southeast Sulawesi. Stay on city of Kendari, Southeast Sulawesi. Street in Supu Yusuf 2. I love traveling, writing, poetry and singing. I am very pleased to have the opportunity to work in radarsultra.co.id. Thank you for the trust and the opportunity that has been given.