ESDM Sultra Tolak Bantuan Sosial Covid-19 dari Dua Perusahaan Tambang
Keterangan Gambar : Humas dan Penanggung Jawab PT. ACM dan PT. BNN, Akhmad Syahrul Nippo

ESDM Sultra Tolak Bantuan Sosial Covid-19 dari Dua Perusahaan Tambang

15 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Bantuan sosial dari PT. Bumi Nikel Nusantara (BNN) dan PT. Adhikara Citra Mulia (ACM) untuk masyarakat terdampak Covid-19 di Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapat penolakan dari Dinas Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sultra.

Humas dan Penanggung Jawab PT. ACM dan PT. BNN, Akhmad Syahrul Nippo mengungkapkan, alasan ditolaknya bantuan tersebut dikarenakan belum adanya rencana kerja dan anggaran biaya (RKAB) dari kedua perusahaan tersebut.

Padahal bantuan yang kami berikan ini merupakan tindak lanjut dari himbauan Gubernur Sultra tertanggal 21 April 2020 untuk ikut serta berkontribusi menyalurkan bantuan Covid-19 ke ESDM Sultra,” ujarnya, Selasa, (05/05/2020).

Menurut Syahrul, aksi sosial dengan bantuan paket sembako untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 ini tidak boleh dikaitkan dengan urusam administrasi pertambangan, dan penolakan yang dilakukan oleh pihak ESDM Sultra kepada bantuan dari PT. BNN dan PT. ACM juga dinilai telah melanggar himbauan dari Gubernur Sultra.

Yang kami sesali, bantuan kemanusiaan yang kami berikan ini tidak berkaitan dengan soal RKAB, tapi berkaitan dengan kemanusiaan, kenapa harus ditolak,” kata Syahrul.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Seksi Pemetaan IUP dan Pemberian IUP Dinas ESDM Sultra, Nining Rahmatia menjelaskan bahwa pihaknya, membantah telah menolak bantuan sosial Covid-19 dari pihak PT. BNN dan PT. ACM.

Nining menambahkan, pihaknya memang menerima bantuan sesuai list perusahaan yang telah memiliki atau menyetorkan RKAB, namun tidak menutupkemungkinan pihaknya menerima bantuan dari perusahaan atau pemilik IUP yang belum menyetorkan RKAB.

Jadi kita bukannya menolak, hanya saja posisinya saat ini pihak ESDM sudah tidak menerima bantuan lagi sebab, semua bantuan diarahkan langsung ke Posko Gugus Tugas Covid-19 Sultra,” kata Nining saat dikonfirmasi melalui telepon.

Untuk diketahui, bantuan yang diberikan oleh PT. BNN dan PT. ACM berupa paket sembako sebanyak 99 paket dan kini bantuan tersebut telah dialihkan ke Pemerintah Kota Kendari melalui posko Gugus Tugas Covid-19 Kendari untuk kemudian disalurkan kepada masyarakat.