Enam Anggota Polda Sultra Disebut Melanggar SOP Pengamanan Unras 26 September
Keterangan Gambar :

Enam Anggota Polda Sultra Disebut Melanggar SOP Pengamanan Unras 26 September

189 views
1

Kendari, Radarsultra.co.id – Enam anggota Polri di lingkungan Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) disebut-sebut telah melanggar Standar Operasional (SOP) pengamanan saat aksi Unjuk Rasa (Unras) di Kota Kendari pada 26 September 2019 lalu.

Karo Provos Div Propam Mabes Polri, Brigjen Pol Hendro Pandowo mengatakan, keenam anggota Polri dari Kepolisian Resor (Polres) Kendari dan Polda Sultra tersebut melanggar SOP karena membawa Senjata Api (Senpi) saat terjadi Unras pada 26 September lalu.

“Hasil olah TKP khusus dari Propam, pemeriksaan saksi-saksi yang sudah kita lakukan maka Div Propam sudah bisa menentukan ternyata ada beberapa anggota yang memang melanggar SOP, tidak disiplin sehingga sudah kita tetapkan 6 (enam) anggota yang  menjadi terperiksa karena pada saat terjadi unjuk rasa membawa senjata api,” ungkap Brigjen Pol Hendro Pandowo yang ditemui di Mapolda Sultra, Kamis, (03/10/2019).

Hendro Pandowo mengatakan, SOP Pengamanan Unras sesuai arahan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jendral Polisi. Titto Karnavian tidak diperbolehkan membawa Senpi.

“Bapak Kapolri sudah menyampaikan, pengamanan unjuk rasa dilarang membawa senjata api, diteruskan oleh jajaran Polda Sultra juga dilarang membawa senjata api. Ternyata hasil pemeriksaan olah TKP kita, pemeriksaan saksi-saksi ini keenam orang tersebut membawa senjata api,” tukasnya.

Keenam anggota Polisi yang dimaksud berinisial DK, GM, MI, MA, H dan E. Saat ini, tim Investigasi Mabes Polri sedang melakukan pemeriksaan terhadap keenam orang tersebut.

“Saat ini keenamnya sedang kita lakukan pemeriksaan. Enam itu dari Polda dan Polres. Kebetulan keenam-enamnya itu dari jajaran tertutup dari Intel dan reserse, masih kita dalami apakah enam orang ini masuk dalam Sprint penanganan unjuk rasa apa tidak,” jelasnya.

“Keenam orang tersebut membawa senjata api laras pendek jenisnya ada yang bawa jenis SNW ada HS, ada MAG,” lanjutnya