Eka Suaib : Pengaruh Money Politic dalam Pilwali Hanya 4 Persen
Keterangan Gambar :

Eka Suaib : Pengaruh Money Politic dalam Pilwali Hanya 4 Persen

363 views
0

Kendari-Radarsultra.co.id–Strategi money politic atau politik uang tidak lagi efektif untuk dilakukan bagi Paslon Walikota Kendari. Karena hasil survey tim laboratorium Fisip Unhalu pengaruh politik uang terhadap suara pemilih hanya mencapai 4 persen.

“Berdasarkan hasil survey kami, politik uang tidak berpengaruh dalam pemilihan ini, hanya sekitar empat persen. Jadi, kami mengingatkan kepada paslon yang menyiapkan strategi ini agar berhati-hati,” ujar Ketua Tim Survey Fisip Unhalu, Eka Suaib, Rabu (11/1/2017).

Dari 400 sampel yang diwawancarai yang diambil secara acak dari 10 kecamatan di Kota Kendari. Respon pemilih terhadap politik uang didominasi oleh dua kategori jawaban yakni akan menerima uang dan akan memilih sesuai dengan hati nurani.

‘’ Pemilih juga menganggap bahwa politik uang adalah sebagai hadiah saja. Sedikit presentase pemilih yang menerima dan akan memilih pada pemberi uang,’’ ujar nya.
Dapat dikatakan lanjut Eka bahwa strategi mendekati pemilihan dengan mengandalkan uang merupakan hal yang tidak pasti dan penuh spekulasi. Sembari ia mengingatkan kepada ketiga Paslon agar tidak melakukan politik uang mengingat strategi ini tidak efektif lagi untuk dilakukan saat ini. ( C )