Dukung Percepatan Pembangunan di Sultra, Wali Kota Kendari Bergabung dalam Kemitraan TPB
Keterangan Gambar : Gubernur Sultra, H. Ali Mazi SH

Dukung Percepatan Pembangunan di Sultra, Wali Kota Kendari Bergabung dalam Kemitraan TPB

0

Kendari, Radarsultra.co.id – Wali Kota Kendari H.Sulkarnain Kadir, bersama 15 Bupati/ Wali Kota Pesisir di Sulawesi Tenggara membacakan ikrar sebagai tanda terlah bergabung dalam kemitraan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) yang disaksikan langsung oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi serta perwakilan sejumlah kementerian yang dilaksanakan secara virtual, Selasa (29/9/2020).

Gubernur Sultra Ali Mazi mengatakan, kemitraan Bupati dan wali kota pesisir merupakan wujud dan komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara dalam mendukung percepatan pembangunan di Sultra.

Dalam acara tersebut Gubernur juga nenyambut baik kemitraan para Bupati dan Wali Kota Pesisir di Sultra karena saling keterkaitan antara kabupaten kota pesisir untuk meningkatkan komitmen dan kontribusi terhadap TPB nomor. 14 serta memperkuat kerja sama kolaborasi antar daerah.

Terkait Kebijakan kelautan dan perikanan berkelanjutan, Ali Mazi mengaku Pemprov Sultra telah meluncurkan program perikanan berkelanjutan sejak tiga tahun lalu berupa Perda dan Pergub.

“Kepada 16 kabupaten Kota terima kasih sudah mau bergabung dalam kemitraan Bupati wali kota pesisir,” ungkap Ali Mazi.

Salah satu fokus TPB Nomor 14 adalah ekosistem laut, yang antara lain menekankan perlunya perlindungan dan pengelolaan secara berkelanjutan dari ekosistem pesisir dan laut untuk mencapai laut yang sehat dan produktif.

Selain itu, mendukung peningkatan manfaat ekonomi bagi negara-negara kepulauan yang mempraktikkan pengelolaan secara berkelanjutan, mencegah IUU fishing dan overfishing, serta melarang penangkapan ikan dengan teknik yang merusak. TPB-14 juga mengutamakan penyediaan akses bagi nelayan kecil ke sumber daya laut dan pasar.

About author