DLHK Kendari Gencar Sosialisasikan Pengelolaan Sampah Kepada Masyarakat
Keterangan Gambar : Nismawati, Kepala DLHK kota kendari

DLHK Kendari Gencar Sosialisasikan Pengelolaan Sampah Kepada Masyarakat

0

Kendari, Radarsultra.co.id – Jumlah produksi sampah di Kota Kendari semakin meningkat, selain faktor meningkatnya jumlah populasi penduduk, kurangnya pemahaman masyarakat terkait pengelolaan sampah menjadi salah satu penyebab peningkatan produksi sampah.

Pemkot Kendari Tambah Penyertaan Saham di Bank Sultra

Untuk itu, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari terus gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pemahaman dan pengelolaan sampah yang baik agar bisa memberikan manfaat. Selasa, (14/09/2021).

Kepala DLHK Kota Kendari, Nismawati mengatakan, saat ini, salah satu upaya yang sedang dilakukan yaitu bekerjasama dengan salah satu lembaga yang bergerak dibidang pengelolaa swasta bernama Jendela Rumah Sehati (Jars) Foundation dalam rangka mengedukasi masyarakat terkait pemanfataan sampah.

Kami sudah melakukan edukasi dan sosialisasi diseluruh Kecamatan di Kendari agar bisa mengelola sampah dengan baik dan benar. Kami edukasi mereka soal pengelolaan sampah berbasis masyarakat,” ujarnya.

Pemkot Kendari Bersama Stakeholder Bersinergi Percepat Pemulihan Ekonom

Nismawati menjelaskan, sosialisasi ini dilakukan sebab masyarakat masih kurang memahami cara memilah sampah organik dan sampah anorganik. Menurutnya, jika warga telah paham, maka sampah-sampah tersebut akan bisa dikelola dengan baik sehingga akan dapat mendatangkan manfaat.

Contohnya seperti sampah organik yang bisa dikelola menjadi pupuk kompos, sedangkan untuk sampah kering seperti plastik dan botol bekas, itu bisa dikumpulkan dan dijual kepada pengepul plastik. Jika ini dilakukan dengan benar maka jumlah produksi sampah kita sudah bisa diatasi untuk ditingkat rumah tangga itu sendiri,” kata Nismawati.