DLH Wakatobi akan Investigasi Pengerukan Pasir PT.WDR
Keterangan Gambar :

DLH Wakatobi akan Investigasi Pengerukan Pasir PT.WDR

85 views
0

Wakatobi-Radarsultra.co.Id – Ulah PT.Wakatobi Dive Resort (WDR) yang terus-menerus mengeruk pasir dengan cara menyedot kini mendapat ancaman Dinas Lingkungan Hidup setempat.

Melalui Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DLH Wakatobi, Jamuddin menyebut bahwa tindakan pengedotan pasir yang dilakukan pihak PT.WDR di depan resort maupun dibeli dari para penambang pasir adlah kegiatan ilegal dan tak boleh dibiarkan.

“Ini melanggar aturan,”kata Jamuddin, ditemui diruang kerjanya, Senin(17/4/2017).

Sehingga dalam waktu dekat pihaknya bakal melakukan konsultasi kepada pihak terkait terutama mengenai sanksi yang akan dikenakan kepada PT.WDR

“Lebih dulu kami akan berkoordinasi dengan pimpinan sebelum kami turun lakukan investigasi di lapangan,” sebutnya.

Namun sebelumnya, PT. WDR, melalui Humasnya, Jaelani. membantah pihaknya tidak melanggar meskipun dia sendiri mengakui telah melakukan aktivitas penambangan pasir disekitar pantai.

Bahkan ketika dimintai pendapat soal undang-undang(UU) nomor 27 tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan pulau-pulau kecil serta pasal 33 ayat 3 UU nomor 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.

Jaelani bernada menantang UU itu hingga menyebut kedua UU itu adalah kotoran(tai -read)

Justru kata Jaelani, pasir hasil sedotan yang dikumpulkan di depan resort milik orang Swiss tersebut bukanlah bentuk eksploitasi namun melestarikan karena hanya dilakukan dengan cara pemindahan dari dasar kepantai.(C)

About author