Dituding Politisasi Bansos Covid-19, LO AHS: Itu Fitnah
Keterangan Gambar : Bansos Covid-19 Buton Utara

Dituding Politisasi Bansos Covid-19, LO AHS: Itu Fitnah

314 views
0

Butur, Radarsultra.co.id – Liaison Officer (LO) Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Buton Utara (Butur) Abu Hasan-Suhuzu (AHS), Carison Musta, S.Pd., menanggapi isu politisasi bansos Covid-19 yang ditujukan pada Sang petahana.

Carison menilai, tindakan Mukmin Syarifuddin selaku ketua Masyarakat Pemerhati Demokrasi Pilkada Bersih Buton Utara yang menyoroti dugaan atau indikasi Politisasi bansos Covid-19 oleh Calon Kepala Daerah (Cakada) nomor urut 3 (tiga) tersebut ke Bawaslu Buton Utara pada Kamis 26 November 2020 lalu tidak tepat sasaran dan telah merugikan Paslon Petahana AHS.

Menurutnya, yang seharusnya dilaporkan dan dimintai keterangan adalah Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Buton Utara, sebab Setda lah yang membuat dan mendistribusikan bantuan ke masyarakat Butur.

Pencatutan Paslon AHS merupakan upaya politisasi kepada Paslon AHS, apa yang disampaikan oleh Mukmin Syarifuddin dan Jean Arsat yang mengatakan bahwa “Masyarakat Pemerhati Demokrasi Pilkada Buton Utara Bersih telah melakukan pelaporan perihal dugaan atau indikasi politasai bansos Covid-19 oleh cakada Petahana Buton Utara, pasangan AHS nomor urut 3 ke Bawaslu Buton Utara, hari Kamis 26 November 2020″,”

Kalimat diatas sangat merugikan Paslon No. Urut 3 AHS dan merupakan fitnah serta pencemaran nama baik terhadap Paslon AHS serta memiliki konsekuensi hukum yang harus dipertanggungjawabkan oleh Mukmin Syarifudin dan Jean Arsat,” kata Carison di Buton Utara, Sabtu, (28/11/2020).

Carison menjelaskan, Yang harus diketahui dalam persoalan ini bahwa, pemasangan Stiker Penerima Bantuan Terdampak Covid-19 dimana dalam Stiker tersebut termuat Foto Bupati Buton Utara dan Wakil Bupati Buton (Drs. H. Abu Hasan, M.Pd. dan Ramadio, SE) beserta Pj. Sekda Kabupaten Buton Utara (Dr. Ir. Budianti Kadidaa, MS) sah-sah saja dilakukan.

Pasalnya, bantuan itu dibagikan pada Bulan Juni 2020 lalu dan status Abu Hasan, masih sebagai Bupati Aktif dan belum melakukan Cuti karena mencalonkan diri kembali sebagai Bupati Buton Utara.

Menanggapi laporan Saudara Mukmin Syarifuddin di Bawaslu Kabupaten Buton Utara, saya selaku LO merasa keberatan. Selain laporan nya tidak berdasar dan terkesan asal-asalan, juga ada pencatutan nama Paslon Drs. H. Abu Hasan, M.Pd., dan Suhuzu, SH., MH,” ungkapnya.

Menurutnya, hal tersebut wajar dilaporkan jika yang termuat pada Stiker tersebut adalah Foto Drs. H. Abu Hasan, M.Pd. dan Suhuzu, SH., MH. atau penggunaan slogan AHS, Masih kita, Lanjutkan, atau 2 Periode.

“Tapi ini tidak ada, karena bantuan tersebut adalah murni dari pemerintah daerah yang sumber dananya dari dari Dana Takterduga APBD Kabupaten Buton Utara. Silahkan klarifikasi ke Sekertariat Daerah Kabupaten Buton Utara kalau mau ditau, dan kami tidak terima dengan tudingan ini,” lanjut Carison.

Karena tudingan tersebut telah mencemarkan nama baik Paslon AHS, Carison menegaskan akan melayangkan laporan ke Polres Buton Utara melalui Kuasa Hukum AHS.

Karena ini mencemarkan nama baik Pasangan Calon Drs. H. Abu Hasan, M.Pd. dan Suhuzu, SH. MH. dan memenuhi unsur Pidana,” tegasnya.