Dinkes Kota Kendari Himbau Warga Waspadai Penyakit Menular
Keterangan Gambar : Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, Rahminingrum Pujirahayu

Dinkes Kota Kendari Himbau Warga Waspadai Penyakit Menular

480 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, Dr Rahminingrum Pujirahayu menghimbau kepada warga Kendari untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit menular akibat perubahan cuaca yang fluktuatif dan cenderung berubah-ubah (Pancaroba).

Salah satu penyakit menular yang berpeluang timbul akibat perubahan cuaca dan iklim adalah DBD yang ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti.

Menyusul penyakit lainnya yang ditularkan oleh kuman terutama saat banjir melanda, seperti Diare, ISPA dan penyakit kulit.

“Karena wilayah kita sudah dihuni oleh penduduk yang jumlahnya padat, ditambah dengan banjir saat musim penghujan,” ujar Kadis Kesehatan Kota Kendari, Rahmi Ningrum Minggu (19/3/2017).

Dikatakan, setiap individu dewasa dan anak-anak wajib menjaga diri dari potensi tertular DBD, penyakit kulit, dan Ispa termasuk flu, atau penyakit yang tidak menular seperti diare.

Rahmi menyatakan, pencegahan terhadap penyakit yang timbul akibat kondisi cuaca yang pancaroba bisa dilakukan dengan cara sederhana, yakni dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

“Pencegahan terhadap DBD bisa terus diupayakan dengan mencegah tempat perindukan nyamuk, menghindari kontak dengan vector yakni dengan pemakaian kelambu, anti nyamuk, ataupn kasa nyamuk. Sementara untuk Diare ataupun ISPA dilakukan dengan pemakaian masker, pengelolaan sampah yang baik agar makanan dan minuman tidak tercemar bakteri,” jelasnya.(C)

About author

Alifiandra Lala

Reporters. Graduated from faculty of science admnstrasi, Haluoleo University, Southeast Sulawesi. Stay on city of Kendari, Southeast Sulawesi. Street in Supu Yusuf 2. I love traveling, writing, poetry and singing. I am very pleased to have the opportunity to work in radarsultra.co.id. Thank you for the trust and the opportunity that has been given.