Dinkes Koltim Ingatkan Warga Waspadai DBD
Keterangan Gambar :

Dinkes Koltim Ingatkan Warga Waspadai DBD

64 views
0

Kolaka Timur, Radarsultra.co.id -Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka Timur mengingatkan warga di daerah itu untuk mewaspadai merebaknya penyakit demam berdarah dengue (DBD) terkait dengan pancaroba.

“Saat ini merupakan musim peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan sehingga kondisi tersebut sangat rentan menyebabkan terjadinya penyakit musim pancaroba, salah satunya DBD,” kata kepala Dinas Kesehatan Koltim Ulfawati, Sabtu (25/2) di Rumah Susun Sederhana (Rusun) Koltim.

Ia mengatakan berdasarkan data  dari Kecamatan pada Januari 2017 sudah terdapat 14 kasus DBD, sedangkan pada Desember 2016 terdapat 72 kasus DBD.

“Hujan yang turun hanya sebentar, kemudian matahari bersinar terik berisiko tinggi meningkatkan serangan DBD,” katanya.

Berdasarkan data kasus DBD tersebut, serangan yang terbanyak di Kecamatan Uluiwoi 16 kasus, Ladongi 14 kasus, dan beberapa Kecamatan lainnya.

Ulfawati juga mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan gerakan 3M Plus, yakni menabur bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk atau antinyamuk, serta mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah.

“Masyarakat juga harus aktif menjaga kebersihan lingkungan, terutama membersihkan selokan atau parit di sekitar rumah agar tidak jadi sarang nyamuk,” katanya.

Intinya, kata Ulfa, masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan selalu rajin membersihkan lingkungan tempat tinggal. (C )

About author