Dinkes Kendari Distribusikan Masker di Puskesmas dan Rumah Sakit
Keterangan Gambar : Kepala Dinkes Kota Kendari, drg. Rahminingrum

Dinkes Kendari Distribusikan Masker di Puskesmas dan Rumah Sakit

77 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota memprioritaskan pendistribusian masker di puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari.

Kebijakan prioritas pendistribusian masker di 15 puskesmas dan di RS tersebut dikarenakan terbatasnya jumlah stok masker yang sediakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari.

Kepala Dinkes Kota Kendari, drg. Rahminingrum menjelaskan, adapun yang menjadi prioritas penerima masker tersebut yaitu masyarakat dan para pasien yang berobat di puskesmas maupun rumah sakit dengan diagnosa penyakit Ispa atau yang menunjukkan gejala yang mirip dengan corona seperti batuk, pilek, demam, termasuk penyakit pernapasan dan sementara berobat di puskesmas maupun rumah sakit.

Artinya bukan masyarakat yang diluar rumah sakit dengan gejala tersebut”, katanya saat ditemui di ruangannya, Selasa, (17/03/2020).

Prioritas lainnya yang menerima pendistribusian masker yaitu petugas kesehatan yang langsung berhubungan dengan masyarakat yang sakit sedangkan untuk yang tidak berhubungan langsung dengan pasien dan masyarakat yang berobat belum diprioritaskan.

Jadi hanya petugas yang berhubungan langsung dengan masyarakat atau pasien, itupun petugas yang tidak berhubungan langsung tidak kami prioritaskan”, kata Rahminingrum.

Untuk pendistribusian pertama, Dinkes Kendari akan mendistribusikan sebanyak 4.500 masker dari 11.000 masker yang dialokasikan oleh Kimia Farma untuk Pemkot Kendari, kepada semua puskesmas yang ada di Kendari .

Kemarin juga sudah kami distribusikan kepada RSUD Kota Kendari sebanyak 500 masker” ujarnya.