Dinas Dalduk Kota Kendari Target Hadirkan Posyandu Holistik Integratif
Keterangan Gambar : Ketua TP PKK Kota Kendari Hj. Sri Lestari Sulkarnain

Dinas Dalduk Kota Kendari Target Hadirkan Posyandu Holistik Integratif

21 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinas Dalduk dan KB) Kota Kendari bertekad menghadirkan posyandu yang terintegrasi holistik di Kota Kendari.

Hal tersebut dilakukan melalui diintregasikannya dengan sistem Bina Keluarga Balita (BKB) dan Bina Keluarga Lansia (BKL).

Ketua TP PKK Kota Kendari Hj. Sri Lestari Sulkarnain berharap, agar semua posyandu di Kendari bisa menjadi posyandu yang terintegrasi holistik dengan BKBnya, karena selama ini hanya posyandu saja yang belum terintegrasi dengan BKB.

Kita berharap semua posyandu bisa menjadi posyandu yang terintegrasi holistik dengan BKBnya, karena selama ini hanya posyandu saja belum ada BKBnya, kalaupun ada belum seberapa, “ujarnya. Jumat, (07/08/2020).

Sementara itu, Kepala Dinas Dalduk dan KB Kota Kendari Hj. Hasria menegaskan, bahwa kader BKB dan BKL harus mampu untuk memberikan pelayanan dan pembinaan secara maksimal pada keluarga dan masyarakat tempat tinggal mereka masing-masing dan untuk mewujudkan hal tersebut para kader juga harus dilatih.

Kita berharap setiap Posyandu nantinya punya BKB yang punya peran diantaranya mengembangkan motorik anak mengajak anak berbicara dan banyak lagi,” jelasnya.

Untuk diketahui, BKB sendiri adalah program dari pemerintah dalam rangka pembinaan keluarga untuk mewujudkan tumbuh kembang balita secara optimal, BKB ini tidak sama dengan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) atau pun TPA karena sasaran dari BKB ini adalah keluarga/orang tua yang memiliki anak balita usia 0-5 tahun.

Digenjotnya program ini sendiri sebab dari 213 Posyandu di Kota Kendari, baru 64 yang memiliki BKB dan sebagai tahap awal program ini, Dinas Dalduk akan menerapkan Posyandu holistik terintegrasi ini di Kelurahan Lapulu dan Kelurahan Kadia Kota Kendari.