Diduga KM.Manusela Hilang Dibawa Arus Hingga ke Ambon
Keterangan Gambar :

Diduga KM.Manusela Hilang Dibawa Arus Hingga ke Ambon

Editors choice
410 views
0

Wakatobi-Radarsultra.Co.Id – Kapal nelayan KM. Manusela GT-6 yang dinyatakan hilang sejak Senin (23/1) lalu, diduga hilang dibawa arus ke Ambon.

Sementara itu pihak Polres dan Basarnas Wakatobi menghentikan pencarian. Karena Proses pencarian mangalami kendala cuaca selama 3 hari berturut-turut.

Kendati demikian proses pencarian terus dilanjutkan oleh pihak Basarnas Maluku serta anggota Polres yang melibatkan Polairud Maluku.

Hal itu dijelaskan Kapolres Wakatobi,AKBP.Didik Supranoto,S.Ik, di ruang kerjanya.Senin(30/1).

“Sampai kemarin,Minggu(29/1) batas terakhir pencarian. Ini berdasarkan hasil koordinasi dengan Basarnas dan menurut analisa mereka bahwa itu sudah keluar dari wilayah Wakatobi sampai ke perairan Banda atau wilayah Maluku, Ambon. Sehingga sesuai hasil koordinasi kami dengan pihak polres di Maluku bahkan Polres Selayar dan Basarnas Maluku akan dilanjutkan di bentuk tim pencarian disana,” paparnya.

Orang nomor satu di Polres Wakatobi ini menjelaskan awal peristiwa naas yang menimpa kapal yang dinahkodai Andi Kamaruddin bersama 11 awaknya ini.

Berdasarkan laporan keluarga pemilik Kapal, jika mereka melaut sejak Sabtu (21/1) untuk menangkap ikan dirompong,salah satu alat tangkap ikan tradisional milik mereka namun sampai hari ketiga sementara kebiasaan melaut hanya dua hari dan pulang kembali.

“Hari keempat mereka melakukan pencarian sendiri tapi tidak ditemukan maka pada hari kelima tepatnya Kamis(26/1) melaporkan ke Polsek Binongko lalu dari Polsek menyampaikan laporan ke Polres dan langsung koordinasi dengan pihak Basarnas dan sore itu juga turun membentuk tim pencari terdiri dari anggota Basarnas dan Polairud langsung menuju Binongko,” ungkapnya.

Tak sampai disitu, keesokan harinya berdasarkan laporan maka bantuan kapal pencari terdiri dari pihak inspektorat sebanyak dua kapal serta Basarnas Baubau turut melakukan pencarian bersama-sama, namun hasilnya nihil.

‌”Kita koordinasi dengan Basarnas Wakatobi lalu langsung calling ke pusat, Baubau ke Maluku. Termasuk saya juga sudah calling polres-polres Maluku bahkan polres Selayar juga sudah saya hubungi dan ke Pos-pos Polairud untuk dibantu pencarian. Demikian untuk Koramil Wakatobi serta Polsek Binongko sampai saat ini masih pula melakukan pencarian menggunakan Kapal KM.Manusela. 01,04 dan 05,,” katanya. (B)

About author