Dalam Waktu Tiga Jam, Tiga Perampok di Butur Berhasil Ditangkap
Keterangan Gambar : Tiga Perampok di Butur Berhasil Ditangkap

Dalam Waktu Tiga Jam, Tiga Perampok di Butur Berhasil Ditangkap

258 views
0

Butur, Radarsultra.co.id – Tiga dari enam pelaku Pencurian Disertai Kekerasan (Curas) di Desa Wamboule, Kecamatan Kulisusu Utara, Kabupaten Buton Utara (Butur) pada Sabtu, 26 April 2020 lalu berhasil ditangkap saat berusaha melarikan diri.

Tiga orang tersangka saat di amankan di polres Butur

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Butur, AKBP. Wasis Santoso mengatakan, dengan respon cepat, pihak Kepolisian berhasil menangkap para pelaku hanya dalam waktu kurang lebih 3 (tiga) jam pengejaran, namun saat penangkapan, 3 (tiga) pelaku lainnya berhasil melarikan diri.

Tim kami yang dipimpin oleh kasat Reskrim melakukan pengejaran dalam waktu 3 jam berhasil melakukan penangkapan di wilayah Kulisusu Utara,” kata AKBP. Wasis Santoso saat menggelar pers rilis di Mapolres Butur, Kamis, (30/04/2020).

Selain menangkap 3 tersangka, pihak kepolisian juga berhasil mengamankan barang bukti hasil rampokan berupa 1 (satu) mesin ATM BRI LINK beserta 1 (satu) kartu ATM BRI dengan saldo sebesar 128 juta Rupiah, 1 (satu) buah cincin emas, 6 (enam) handphone, 1 (satu) laptop, 4 (empat) karung beras 25 kg, dan barang dagangan korban berupa puluhan slop rokok.

Kerugian yang dialami korban diperkirakan kurang lebih 40 juta rupiah,” ungkapnya.

Dalam melancarkan aksinya, para perampok menggunakan beberapa benda tajam untuk mengancam korban seperti parang dan pisau sangkur, selain benda tajam, para pelaku juga membawa benda keras seperti linggis dan obeng. Tidak hanya itu, para pelaku juga telah mempersiapkan kendaraan berupa 1 (satu) unit mobil Avanza putih dan 1 (satu) unit motor Honda Supra fit hitam yang digunakan untuk melarikan diri dan mengangkut barang hasil rampokan.

Mereka menggunakan mobil rental merek Avanza dan 1 unit motor Honda Supra yang digunakan oleh petunjuk jalan,” tambahnya.

Dari hasil pemeriksaan sementara, ketiga tersangka diketahui berinisial AB, NZ dan YN, ketiganya merupakan masyarakat dari luar Kabupaten Butur. Ketiganya mengaku nekad merampok lantaran tidak memiliki pekerjaan.

Motif dari pada para pelaku ini mereka melakukan kegiatan ini untuk menambah penghasilan karena yang mereka lakukan ini menurut keterangan yang kami dapatkan mereka ini tidak ada pekerjaan,” tukas Kapolres Butur.

Saat ini ketiga tersangka telah diamankan di sel tahanan Mapolres Butur untuk keperluan penyelidikan lebih lanjut, dan atas perbuatannya ketiga tersangka dikenakan pasal 365 Ayat 2 Ke-1 dan Ke-2 KUHP dengan ancaman hukuman paling lama 12 tahun penjara.