Cuaca Buruk, Ratusan Perahu Nelayan Parkir di Daratan
Keterangan Gambar :

Cuaca Buruk, Ratusan Perahu Nelayan Parkir di Daratan

240 views
0

Kolaka Utara – Radarsultra.co.id: Sudah sepekan gelombang tinggi menghantam perairan laut Lasusua, Kolaka utara, tinggi gelombang mencapai 3 meter, nelayanpun engan turun melaut, dan ratusan perahu nelayan di Pantai Desa Pitulua Kecamatan Lasusua, memilih parkir didaratan akibat cuaca buruk.

Menurut Asdar(32) salah satu warga desa Pitulua yang ditemui Radar Sultra Jumat (13/01/2017) sudah sepekan cuaca buruk terjadi, kami tidak melaut hanya melakukan aktifitas perbaikan kapal.

“Sudah sepekan ini kami tidak melaut akibat cuaca buruk dan gelombang tinggi ini, dan hasil tangkap kamipun menurun drastis, dengan cuaca tidak menentu seperti ini saya hanya bisa memperbaiki perahu saja,’’ katanya.

Asdar, menambahkan bahwa penghasilannya selama cuaca buruk dan gelombang tinggi sangat menurun, di dari biasa kami melaut pendapatan bisa mencapai 500 ribu selaki melaut, namun sekarang ini pendapatan hanya bisa Rp 100 ribu rupiah saja.

Sementara Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah(BPBD) Kolut, Hardi, Jumat (13/1/2017). mengatakan sudah beberapa hari ini air laut pasang dan tinggi disertai gelombang setinggi 3 meter dan angin sedang melanda perairan laut Kolaka Utara.

Hardi ,menghimbau kepada nelayan agar beberapa hari kedepan tidak untuk melaut, mengingat cuaca buruk dan gelombang tinggi sedang sedang melanda perairan laut Kolaka Utara. Bagi nelayan yang akan melaut pada siang hari agar mengenakan jaket pelampung (life jacket) untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.( c)

About author