Coklit Serentak, KPU Butur Sambangi Tokoh-tokoh Masyarakat
Keterangan Gambar : Ketua DPRD Butur, Diwan menunjukan KTP dan KK kepada PPDP yang disaksikan langsung oleh ketua KPU Butur Hasruddin, dan Ketua Bawaslu Butur Hazamuddin

Coklit Serentak, KPU Butur Sambangi Tokoh-tokoh Masyarakat

83 views
0

Butur, Radarsultra.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton Utara (Butur) tengah melaksanakan tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) dalam Pilkada 2020.

Tahapan Coklit akan dilaksanakan selama 30 hari mulai 15 Juli hingga 13 Agustus 2020, dan hari ini, Sabtu, 18 Juli 2020 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) KPU Butur menyambangi Tokoh-tokoh masyarakat diantaranya Bupati Butur Abu Hasan, Wakil Bupati Butur Ramadio, Ketua DPRD Butur Diwan dan dua tokoh masyarakat lainnya.

Tanggal 18 ini kita lanjutkan kegiatan Coklit secara nasional ini kita lagi mendatangi tokoh yang terdaftar sebagai wajib pilih di kabupaten Buton Utara,” kata Ketua KPU Butur Hasruddin saat ditemui di Kantor KPU Butur usai melaksanakan Apel pagi bersama PPDP, Sabtu, (18/07/2020).

Hal itu kami lakukan sesuai surat edaran KPU RI nomor 552 dan peraturan KPU nomor 5 tahun 2020 tentang tahapan dan program,” lanjutnya.

Dalam menjalankan tugas, 169 PPDP yang tersebar di 6 (enam) kecamatan se-Kabupaten Butur tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 dengan menggunakan masker, handskun dan Hand Sanitizer, selain itu PPDP juga dilengkapi dengan atribut dari KPU itu sendiri berupa rompi, topi dan id card.

Kemudian petugas PPDP kami mendantangi rumah warga untuk mencocokan data yang ada di formulir A-KWK dengan KTP eletronik dan kartu keluarga. Jika indentitas cocok lansung di contreng jika tidak memenuhi syarat maka di coret,” jelasnya.

Ketua DPRD Butur, Diwan yang ditemui saat petugas PPDP dan Bawaslu mengunjungi kedimannya mengaku sangat mengapresiasi kinerja KPU dalam proses validasi data pemilih.

Saya sendiri sebagai ketua DPR memberikan apresiasi saya yang sangat tinggi bahwa ternyata KPU yang sekarang ini dan Bawaslu sama-sama kerja sama-sama berjalan sesuai petunjuk-petunjuk teknis dari atasan,” kata Diwan.

Ia juga berharap, tahapan-tahapan pilkada ini dapat melahirkan sosok pemimpin yang jujur dan mampu mengemban tugas sebagai seorang kepala daerah.

Saya berharap KPU dan Bawaslu menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya karena saya juga sebagai seorang ketua DPR saya tau bahwa di daerah kita ini dibutuhkan pemimpin yang jujur, yang baik yang mampu menjalankan tugas-tugas demi bangsa daerah dan negara,” harapnya.