Bupati Koltim Himbau ASN Harus Menanam Cabe
Keterangan Gambar : Bupati Koltim, Tony Herbiansyah saat memberikan bantuan bibit cabe pada ASN Pemkab Koltim.

Bupati Koltim Himbau ASN Harus Menanam Cabe

53 views
0

Kolaka Timur, Radarsultra.co.id – Bupati Kolaka Timur (Koltim), Tony Herbiansyah serahkan bibit cabai rawit pada sejumlah Aparat Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Koltim di pelataran Kantor Sekretariat Daerah, Jumat (17/01).

Bantuan bibit ini merupakan alasan Tony, yang sebelumnya telah mengintruksikan pada seluruh aparatur sipil untuk menanam cabai rawit di pekarangan rumah, kemudian dikembangkan sebaik mungkin.

“Saya tegaskan kepada seluruh pimpinan SKPD untuk menyampaikan kepada bawahannya agar mengembangkan tanaman cabai tersebut,” ujar Tony pada sejumlah pimpinan SKPD.

Kata Tony, bantuan yang sudah diberikan pada sejumlah PNS itu harus dikembangkan dengan baik. ”Kalau tidak berhasil, berarti pimpinan SKPD itu tidak loyal terhadap Bupati dan Wakil Bupati. Itu satu penilaian kita,” tegas Tony saat memberikan sambutannya pada acara hari kesadaran nasional.

Ketua DPW Nasdem itu mengingatkan, jika semua intruksinya merupakan kewajiban bagi setiap aparatur di Koltim termaksud dalam mengembangkan suatu tanaman jangka pendek seperti cabai.

Dijelaskannya, jika satu orang aparatur menanam cabai minimal 10 polibag, dan dalam satu polibag hasilnya 3kg, maka dalam sepuluh polibag PNS sudah bisa menerima dana tambahan senilai Rp 4,5 juta per satu kali panen.

”Dengan begitu, kebutuhan lain bisa terpenuhi. Tanpa harus selalu bergantung dengan gaji atau honor dari kantor tempat kita bekerja. Sebelum saya menyampaikan ini, saya sudah lebih dulu menanam,” katanya.

Dilanjutkannya, dengan mencari tambahan penghasilan seperti ini, maka memberikan pelajaran kepada masyarakat. Jika untuk mensejahterakan masyarakat bukan hanya omong kosong yang disampaikan.

”Kita sebagai aparatur, memberikan dulu contoh kepada masyarakat. Kalau kita semua bisa kaya dan sejahtera, pasti masyarakat umum akan tertarik dan ikut,” pesanya.

Saat ini kata Tony, Pemkab Koltim mulai bekerjasama dengan Bank Sultra untuk memberikan kemudahan meminjam modal guna mengembangkan cabai rawit ini.(C)

About author