Buka Bimtek SIPD, Wali Kota Kendari Harap Semua OPD Mengikuti dengan Baik
Keterangan Gambar : Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain K, saat membuka acara Implementasi SIPD dalam Penrencanaan dan penganggaran tahun 2021 di salah satu hotel di kota kendari, selasa 27 Oktober 2020

Buka Bimtek SIPD, Wali Kota Kendari Harap Semua OPD Mengikuti dengan Baik

42 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Buka bimbingan teknis (Bimtek) Implementasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) terkait perencanaan dan penganggaran tahun anggaran 2021, Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir berharap agar semua  Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bisa mengikuti kegiatan tersebut dengan baik.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi (Pusdatin) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI,  yang berkenan untuk hadir secara langsung menyampaikan materi dalam acara Bimtek  tersebut.

Semoga, kesempatan ini bisa kita maksimalkan. Saya juga berharap seluruh peserta bisa mengikuti kegiatan dengan baik, sehingga pertemuan ini bisa kita implementasikan dengan baik pada waktunya,” kata Sulkarnain, Selasa, (27/10/2020).

Ia menjelaskan, keberadaan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 70 tahun 2019 tentang sistem Sistem Informasi Pemerintahan Daerah adalah tindaklanjut dari terbitnya peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintahan yang berbasis elektronik.

Yang mengamanatkan agar penyelenggaraan pemerintahan mulai dari pusat sampai daerah yang diamanatkan untuk menjalankan pemerintahan sampai dengan penganggaran berbasis elektronik,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Pusdatin Kemendari, Asmawa, A.P., M.Si saat membawakan materi dalam acara bimtek tersebut, mengatakan setiap Admin di OPD adalah ASN dikarenakan untuk mengakses aplikasi SIPD tersebut harus menggunakan Nomor Induk Pegawai (NIP).

“Sekda menjadi Admin yang akan membuat akun untuk TAPD, OPD dan akun ssh, sedangkan para kepala OPD menjadi admin dan membuat akun untuk para Kabid dan Sekretari” katanya.

Dalam acara tersebut di ikuti oleh seluruh OPD lingkup pemerintah kota (Pemkot) Kendari yang di selelenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Kendari, di salah satu hotel di Kota Kendari, turut hadir Sekretaris Daerah Kota Kendari, Hj, Nahwa Umar!SE.,MM