BPS Sultra : Sensus Ekonomi Lanjutan UMK-UMB Pada Agustus Mendatang
Keterangan Gambar :

BPS Sultra : Sensus Ekonomi Lanjutan UMK-UMB Pada Agustus Mendatang

255 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) telah merilis hasil Sensus Ekonomi (SE) tahun 2016. BPS Sultra akan menggelar SE lanjutan khusus untuk Usaha Mikro Kecil dan Usaha Mikro Besar (UMK-UMB) pada agustus 2017 mendatang melakukan tingkat lanjut SE 2016, berupa pendataan rinci terhadap UMK dan UMB.

“Kegiatan lanjutan SE 2016 akan dilaksanakan pada Agustus 2017 mendatang. Pencacahan terhadap UMK akan dilakukan secara sampel, sedangkan untuk UMB dilakukan secara lengkap kecuali kategori Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi dan Perawatan Mobil dan Sepeda Motor, sesuai dengan direktori usaha atau perusahaan berskala menengah dan besar,” kata Kepala BPS Sultra, Atqo Mardiyanto saat ditemui Radarsultra.co.id di Grand Clarion Hotel Kendari, Rabu (24/5/207).

ia menerangkan bahwa SE 2016 kegiatan berskala besar sehingga pelaksanaannya dilakukan secara bertahap. Tahap awal SE 2016 dengan pendaftaran usaha atau perusahaan, kemudian BPS Sultra akan melanjutkan kegiatan lanjutan berupa pendataan rinci terhadap UMK dan UMB.

“Dari hasil pendaftaran tersebut diperoleh kerangka sampel usaha atau perusahaan berskala mikro dan kecil serta direktori berskala menengah dan besar,” terangnya.

Untuk diketahui, bahwa pencacahan ini dilakukan untuk memperoleh informasi yang lebih rinci mengenai struktur ketenagakerjaan, struktur permodalan, struktur biaya dan produksi, prospek usaha dan lainnya.(C)

About author