BPOM Temukan Produk Kadaluwarsa di Hypermart Lippo Plaza Kendari
Keterangan Gambar :

BPOM Temukan Produk Kadaluwarsa di Hypermart Lippo Plaza Kendari

803 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali menemukan produk yang tidak layak di Hypermart Lippo Plaza Kendari.
Produk yang dinilai tidak layak dikarenakan masa kadaluwarsa yang sudah dekat atau juga telah lewat serta kemasan yang rusak sehingga produk tersebut tidak boleh diperjual belikan.
Beberapa produk yang ditemukan tidak layak di Hypermart antara lain, produk susu, yogurt dan tepung bumbu.

produk tidak layak yang ditemkan BPOM Sultra di Hypermart Lippo Plaza Kendari )

Kepala Seksi Pemeriksaan dan Penyidikan BPOM Sultra, Jalidun mengatakan, berdasarkan hasil pengawasan yang telah dilakukan pihak BPOM, Hypermart dinilai tidak menerapkan sistem yang konsisten seperti tidak menerapkan sistem first in first out (fifo) yang sesuai ditempat penyimpanan barang, penyimpanan barang kadarluarsa yang berdekatan dengan transit barang masuk dan juga kelalaian petugas yang masih memajang barang yang tidak layak.

Kondisi sidak BPOM Sultra di Hypermart Lippo Plaza Kendari )

“Sudah ada sanksi terkait pelanggaran seperti ini di undang-undang pangan nomor 18 tahun 2012” ujarnya saat ditemui wartawan Radarsultra.co.id di Hypermart Lippo Plaza Kendari, Senin (10/4/2017).

Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Derah (DPRD) Sultra, Taufan Alam mengatakan, sangat menyayangkan penemuan ini, terlebih lagi hal ini terjadi setelah Hypermart mendapatkan 3 surat teguran sebelumnya dari BPOM Sultra.
“Kami harap masyarakat dapat berhati-hati dalam membeli produk, karena kehati-hatian itu penting” ungkapnya.
Taufan juga mengatakan pihaknya akan melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan pengurus dari Hypermart Lippo Plaza Kendari di DPRD Provinsi Sultra terkait hal ini.
“Kami akan berikan surat panggilan untuk manajernya, Untuk sanksi nanti di RDP kita akan tinjau, tapi paling berat itu kita berhentikan sementara sampe manajemennya diperbaiki” tambahnya.
Sampai saat ini pihak dari Hypermart sendiri belum bisa dikonfirmasi terkait penemuan produk tidak layak tersebut di dalam tempat perbelanjaan di Hypermart Lippo Plaza Kendari. ( A)