BMKG Sultra: Puncak Hujan Tinggi Akhir Februari dan Maret
Keterangan Gambar : salah satu banjir dikota kendari

BMKG Sultra: Puncak Hujan Tinggi Akhir Februari dan Maret

Editors choice
139 views
0

Kendari, Radarsultra.co.id – Hujan di Kota Kendari mencapai puncak tertingginya diakhir bulan Februari ini sehingga menyebabkan banjir dibeberapa titik di Kota Kendari.

Curah hujan tinggi yang dipengaruhi oleh uap air besar yang dibawa oleh angin musim darat yang melewati wilayah Sulawesi menyebabkan tingginya pembentukan awan hujan sehingga menyebabkan banjir dibeberapa titik rawan banjir di Kendari.

Asisten Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultra, Adi Istiono mengatakan, selain curah hujan yang deras, kurangnya penyerapan air dibeberapa titik di Kota Kendari menjadi salah satu faktor utama.

“Dari data klimatologi kami ini masih terbilang normal untuk puncak curah hujan yang naik 20 sampai 30% dari normal” ujarnya saat diwawancarai wartawan Radarsultra.co.id via telepon, Selasa, (28/2).

Adi juga memperkirakan menurut data BMKG, puncak hujan yang tinggi di Februari ini akan berlangsung hingga awal Maret dan mulai berkurang setelah awal maret.

“Curah hujannya mungkin tidak akan terus terjadi setiap hari, tapi biasanya hujannya terjadi dari menjelang sore dan menjelang malam tapi bisa juga seharian” tambahnya.(A)