Blusukan, Ir. Hugua Diskusi Bersama Kelompok Tani
Keterangan Gambar :

Blusukan, Ir. Hugua Diskusi Bersama Kelompok Tani

0

Kendari, Radarsultra.co.id – Dalam kunjungan di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), pada Kamis 26 April 2018, Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sulawesi Tenggara (Sultra) nomor urut 2 (Dua), Ir. Hugua bersama Tim Asrun-Hugua mengunjungi Desa Ousole  yang merupakan wilayah utama Bendung Roraya Kecamatan Palangga Konsel.

Ir. HUGUA saat melakukan diskusi bersama para petani

Dalam kunjungannya, Hugua menyempatkan untuk berdiskusi terfokus atau Focus Group Discussion (FGD) dengan kelompok tani desa Oesolu yang berlokasi disekitar persawahan penduduk.

Adapun hasil dari diskusi tersebut Ir.Hugua bersama kelompok tani merumuskan bahwa ada beberapa masalah penting  yang menjadi Prioritas Asrun-Hugua ke depan, dimana diantaranya memaksimalkan fungsi Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Pengadaan Traktor tangan setara  dengan perbandingan 1 (Satu) unit untuk 10 Ha, pengadaan alat panen 10 unit untuk 2,000 Ha.

“Selain itu yang kita perlukan adalah pengadaan pupuk subsidi, yang kenyataanya sangat langka dilapangan kondisi harga sekarang mencapai Rp. 220,000 Per sak dengan timbangan 50 kg/sak yang mestinya Rp 99,000 per sak, jika pupuk bersubsidi dan penyempurnaan bangunan bendung dan pemelihara saluran primer, sekunder dan fasilitas lainya juga sangat dibutuhkan,” kata Hugua, Jumat (27/4/2018).

Hugua meyakini bahwa jika nantinya terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra priode 2018-2023 hal-hal diatas menjadi prioritas bantuan ke petani.

Ir. Hugua juga meyakini bahwa masalah-masalah tersebut adalah masalah umum petani tidak hanya terjadi di Konsel, dengan demikian maka jenis bantuan ke Patani tersebut dapat menjadi kebijakan secara menyeluruh untuk Sulawesi Tenggara dengan jenis dan karakter wilayah yang sama. (B)